PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-EFFICACY MATEMATIS SISWA SPM PARULIAN 1 MEDAN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Manurung, Boynes (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-EFFICACY MATEMATIS SISWA SPM PARULIAN 1 MEDAN MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8136171013 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8136171013 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8136171013 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8136171013 PREFACE.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8136171013 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8136171013 TABLES.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8136171013 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8136171013 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. 8136171013 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 813617113 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran biasa. (2) peningkatanself-efficacy siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran biasa (3) interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika (KAM) siswa terhadap self-efficacy matematis siswa. (4) interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal matematika (KAM) siswa terhadap self-efficacy matematis siswa. (5) pola jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah pada masing-masing pembelajaran.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan pemecahan masalah matematika, (2) angket self-efficacy. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,79 dan 0,614 berturut-turut untuk kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy matematis. Analisis data dilakukan dengan analisis kovarian (ANACOVA) dan analisis varian (ANAVA).Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa. Hal ini terlihat dari hasil ANACOVA untuk Fhitung =20,69 lebih besarFtabel adalah 3,97. Konstanta persamaan regresi untuk model pembelajaran berbasis masalah yaitu 8,24 lebih besar dari pembelajaran biasa yaitu 5,39. (2) Terdapat peningkatan self-efficacy matematis antara siswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang diberi pembelajaran biasa. Hal ini terlihat dari hasil ANACOVA untuk Fhitung = 17,67 lebih besarFtabel adalah 3,12. Konstanta persamaan regresi untuk pembelajaran berbasis masalah yaitu 7,65lebih besar dari pembelajaran biasa yaitu 2,31. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. (4) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa self-efficacy matematik siswa. (5) Proses penyelesaian jawaban siswa yang pembelajaranya dengan mengunakan pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSaragih, Sahat196102051988031003
Thesis advisorHasratuddin, 196312311991031030
Call Number: 510.071 Man p
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Pemecahan masalah; Self-efficacy matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 29 Jul 2016 09:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8203

Actions (login required)

View Item View Item