. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING KEBELAKANG SENAM LANTAI MELALUI PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN BANTUAN TEMAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BATANG KUIS TAHUN AJARAN 2015/2016.

Akhir, Abdul (2016) . UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GULING KEBELAKANG SENAM LANTAI MELALUI PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN BANTUAN TEMAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BATANG KUIS TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 609312002 COVER.pdf - Published Version

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 609312002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 609312002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 609312002 PREFACE.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 609312002 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 609312002 TABLES.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 609312002 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 609312002 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 609312002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 609312002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 609312002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar guling belakang dalam senam lantai melalui penggunaan media audiovisual pada siswa kelas VIII SMP Karya Bakti Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka diakukan Tes Hasil Belajar sebelum menggunakan pembelajaran media audiovisual (pre-test) lalu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual. Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar guling belakang sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul dilakukan analisis: (1) dari tes hasil belajar sebelum menggunakan media audiovisual (pre-test) diperoleh 10 siswa (27,03%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 27 siswa (72,97%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 69,07. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan media audiovisual. (2) dari tes hasil belajar menggunakan media audiovisual dan bantuan teman dari siklus I terdapat 20 siswa (54,05%) dari 37 siswa, yang belum mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 72,37dan 17 siswa (45,95%) telah mencapai ketuntasan. Kemudian dilakukan kembali menggunakan media audiovisual dengan worksheet dan waktu menonton video pembelajaran yang lebih lama. (3) dari tes hasil belajar II terdapat 32 siswa (86,48%) dari 37 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 81,38 dan 5 siswa (13,52%) yg belum mencapai ketuntasan. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan proses nilai rata-rata hasil belajara siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dikatakan bahwa melalui media audiovisual dan bantuan teman dapat memperbaiki hasil belajar guling belakang pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kuis Tahun Ajaran 2014/2015. Kata kunci : guling belakang senam lantai,media audiovisual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHasibuan, Bangun Setia198108172006041003
Call Number: SK-2016 PJS 022
Keywords: Hakikat senam lantai; hakikat media audiovisual; hakikat bantuan teman
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV743 Athletic and sporting goods, supplies, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Jul 2016 07:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8189

Actions (login required)

View Item View Item