PENERAPAN METODE VISUAL AUDITORY KINESTETHIC DAN VARIASI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING PADA PERMAIANAN BOLA BASKET SISWA KELAS X SMK YAPIM TARUNA SEI ROTAN KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2015/2016

Purba, Jhon Edwin (2016) PENERAPAN METODE VISUAL AUDITORY KINESTETHIC DAN VARIASI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING PADA PERMAIANAN BOLA BASKET SISWA KELAS X SMK YAPIM TARUNA SEI ROTAN KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01.Cover.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02.Lembar Persetujuan.pdf - Published Version

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03.Abstrak.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04.Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05.Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06.Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07.Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08.Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09.BAB I.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.BAB V.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dribbling bola basket melalui penerapan metode visual auditori kinestethic dan variasi pembelajaran pada siswa kelas X SMK Yapim Taruna Sei Rotan Tahun Ajaran 2015/2016. Metode penelitian ini bersifat penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ yang terdiri dari 25 siswa, instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian prose dribbling bola basket. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk teknik dribbling bola basket. Setelah siklus I dilaksanakan maka di peroleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 25 orang siswa terdapat 15 orang siswa yang telah tuntas yaitu sebesar 60% dengan nilai rata-rata 73,04.Dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 10 orang dengan ketuntasan belajar klasikal 40%. Ini berarti ketuntasan belajar klasikal (>85%) belum tercapai, untuk itu peneliti masih perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukannya tes siklus II yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka di peroleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 25 orang terdapat 22 orang yang telah tuntas yaitu sebesar 88% dengan nilai rata-rata 84,dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 3 orang yaitu 12%. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal (>85%) telah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode visual auditory kinestethic dan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar dribbling bola basket pada siswa kelas X SMK Yapim Taruna Sei Rotan Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHasibuan, Bangun Setia198108172006041003
Call Number: SK-2016 PJS 045
Keywords: Hakikat dribbling; hakikat bola basket; hakikat variasi pembelajaran
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Jul 2016 04:00
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8173

Actions (login required)

View Item View Item