UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI METODE TANYA JAWAB DI TK ROLINA MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015.

Siregar, Veriana Debora (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI METODE TANYA JAWAB DI TK ROLINA MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1103313041 - COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103313041 - LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (995kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103313041 - ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103313041 - DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103313041 - DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103313041 - DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103313041 - BAB I.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103313041 - BAB V.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103313041 - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berbicara anakusia 4-5 tahun di TK Rolina Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiapakah dengan menggunakan metode tanya jawab dapat meningkatkan kemampuanberbicara anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalampenelitian ini sebanyak 17 orang anak yang terdiri dari 7 orang anak laki-laki dan 10orang anak perempuan. Pelaksanaan PTK dilakukan dengan dua siklus. Setiap siklusterdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Berdasarkan analisi datayang diperoleh bahwa hasil belajar anak selama proses pembelajaran, berlangsungmenunjukkan adanya peningkatan yang baik. Peningkatan kemampuan berbicaraanak pada siklus I pertemuan 1 yang tergolong sangat baik 0 (0%) orang anak,tergolong baik 0 (0%) orang anak, 16 (94,1%) orang anak yang kemampuanberbicaranya cukup, dan 1 (5,9%) orang anak kemampuan berbicaranya kurang. Hasilpengamatan pertemuan II, anak yang tergolong sangat baik 0 (0%) orang anak,tergolong baik 0 (0%) orang anak, 17 (100%) orang anak yang kemampuanberbicaranya cukup, dan 0 (0%) orang anak kemampuan berbicaranya kurang. Rataratakemampuan berbicara anak pada siklus I pertemuan I 43,60%, pertemuan II49,97%.Pada siklus II pertemuan 1 yang tergolong sangat baik 3 (17,65%) orang anak,tergolong baik 8 (47,06%) orang anak, 6 (35,29%) orang anak yang kemampuanberbicaranya cukup, dan 0 (0%) orang anak kemampuan berbicaranya kurang. Hasilpengamatan pertemuan II, anak yang tergolong sangat baik 5 (29,41%) orang anak,tergolong baik 9 (52,94%) orang anak, 3(17,65%) orang anak yang kemampuanberbicaranya cukup, dan 0 (0%) orang anak kemampuan berbicaranya kurang. Rataratakemampuan berbicara anak pada siklus II pertemuan I 67,6% dan pertemuan II74,1%. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dengan menerapkan metodetanya jawab dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di TKRolina Medan T.A 2014-2015. Setelah mengamati hasil analisis data dapat dikatakanbahwa anak mengalami peningkatan kemampuan berbicara anak. Pada siklus I terjadiperkembangan yang signifikan sebesar 6,37%, siklus II ini terjadi perkembanganyang signifikan sebesar 6,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisormarbun, Sariana19103271986012002
Call Number: 374.014 Sir u
Keywords: Kemampuan Berbicara; Anak; Tanya Jawab
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8083

Actions (login required)

View Item View Item