UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CTL) PADA PELAJARAN SAINS DI KELAS V SD NEGERI 112192 NEGERI LAMA KEC.BILAH HILIR T.A 2013/2014

Perjuangan, Agus (2014) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CTL) PADA PELAJARAN SAINS DI KELAS V SD NEGERI 112192 NEGERI LAMA KEC.BILAH HILIR T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 071211920198 cover.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 071211920198 Lembar Persetujuan dan Pengesahan.pdf - Published Version

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 071211920198 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (800kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 071211920198 Abstrak.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 071211920198 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (869kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 071211920198 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 071211920198 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 071211920198 BAB I.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 071211920198 BAB 5.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 071211920198 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 071211920198 Daftar Riwayath Hidup.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview

Abstract

Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah minat belajar siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) pada pelajaran sains pokok bahasan cahaya dan sifat-sifatnya di kelas V SD Negeri 112192 Negeri Lama Kec. Bilah Hilir T.A 2013/2014. subkek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 38 orang siswa dengan perincian 17 orang siswa laki-laki dan 21 orang siswa perempuan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu suatu teknik yang digunakan untuk mengungkapkan fakta dan jelas tentang permasalahan-permasalahan yang dihadapi pada objek peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi dan angket. Objek peneilitian ini adalah aktivitas siswa dan minat belajar siswa pada pelajaran sains okok bahasan cahaya dan sifat-sifatnya dengan menggunakan pendekatan kontekstual (CTL).Penelitian ini menggunakan dua siklus, siklus I ndan II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti memberikan pratindakan untuk mengetahui minat belajar siswa pada pelajaran sains khususnya pada pokok bahasan cahaya dan sifat-sifatnya. Kemudian diakhir siklus I dan II dilakukan penyebaran angket.Berdasarkan analisis data dijelaskan bahwa pada saat awal tindakan rata-rata minat belajar siswa tergolong rendah sebanyak 22 orang siswa (57,9%), minat belajar tergolong sedang sebanyak 12 orang siswa (31,6%) minat belajar tergolong tinggi sebanyak 4 orang siswa (10.5%). Pada siklus I minat belajar tergolong rendah sebanyak 4 orang siswa (10,5%), minat belajar tergolong sedang 19 (50%), minat belajar tergolong tinggi sebanyak 15 orang siswa (39,5%). Pada siklus II minat belajar siswa tergolong sedang sebanyak 7 orang siswa (18,4%), minat belajar tergolong tinggi sebanyak 32 orang siswa (81,6%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran sains dikelas V SD 112192 Negeri Lama Kec.Bilah Hilir T.A 2013/2014

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSilalahi, Wesly198503 1 002
Call Number: 372.35 Per u
Keywords: Minat belajar; Pembelajaran sains; Konstruktivisme; Inkuiri; Bertanya; Pemodelan.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7923

Actions (login required)

View Item View Item