MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA BERSIKAP TEGAS MENOLAK AJAKAN NEGATIF TEMAN MELALUI KONSELING KELOMPOK DI SMAN 11 MEDAN TA. 2013-2014

Khairiyah, Nurul Fithri (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA BERSIKAP TEGAS MENOLAK AJAKAN NEGATIF TEMAN MELALUI KONSELING KELOMPOK DI SMAN 11 MEDAN TA. 2013-2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109151042 COVER.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (747kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151042 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151042 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151042 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151042 BAB I.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151042 BAB V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK), Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 6 orang, terdiri dari 3 orang yang mengalami masalah dalam bersikap tegas menolak ajakan negatif teman dan 3 orang yang memiliki kemampuan bersikap tegas menolak ajakan negatif teman. Teknik yang digunakan dalam pengambilan subjek penelitian pada penelitian ini adalah mengumpulkan data melalui instrumen berupa angket sehingga diperoleh skor terendah dalam bersikap tegas menolak ajakan negatif teman. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, penilaian hasil layanan (laiseg, laijapen, laijapan) dan evaluasi diri siswa. Metode analisisnya menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil yang diperoleh setelah melakukan layanan konseling kelompok pendekatan eklektik terjadi perubahan pemahaman pada siswa berkaitan dengan pikiran irasional menjadi pikiran rasional, keyakinan irasional menjadi keyakinan rasional dan perilaku salah suai menjadi sesuai. Maka layanan konseling kelompok pendekatan eklektik yang dilakukan mencapai hasil yang sangat baik. Dari hasil temuan penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan, yaitu upaya meningkatkan kemampuan siswa bersikap tegas menolak ajakan negatif teman melalui konseling kelompok di SMAN 11 Medan Tahun Ajaran 2013-2014 dapat diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMunir, Abdul19590324 198601 1 001
Call Number: 371.46 Kha m
Keywords: Kemampuan sikap; Menolak ajakan negatif; Teman; Konseling kelompok; Pendekatan elektik.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7847

Actions (login required)

View Item View Item