MENINGKATKAN SIKAP OPTIMIS SISWA KURANG MAMPU EKONOMI UNTUK MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI MELALUI PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI-IPA DI MAN SIABU TAHUN AJARAN 2013/2014

Yasminarti, (2014) MENINGKATKAN SIKAP OPTIMIS SISWA KURANG MAMPU EKONOMI UNTUK MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI MELALUI PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI-IPA DI MAN SIABU TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1102151023 COVER.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1102151023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1102151023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1102151023 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1102151023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1102151023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1102151023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1102151023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1102151023 BAB I.pdf - Published Version

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1102151023 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1102151023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah bimbingan kelompok dapat meningkatkan sikap optimis siswa kelas XI-IPA MAN SIABU Tahun ajaran 2013-2014 yang berasal dari keluarga kurang mampu ekonomi untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Subjek penelitian ini berjumlah 10 orang yang diambil dari 90 orang siswa kelas XI IPA MAN Siabu Tahun ajaran 2013-2014. Peneliti mengumpulkan data melalui hasil evaluasi diri siswa dan penyebaran angket guna peningkatan sikap optimis siswa yang menjadi subjek penelitian ini.sebagai PenelitianTindakan Bimbingan Konseling (PTBK) penelitian in iterdiri dari 2 siklus, siklus I dansiklus II masing-masingsiklus memilikipertemuan 2 x 45 menit. Pada setiap pengakhiran masing-masing siklus peneliti melakukan penilaian yaitu penilaian segera (Laiseg), dan penilaian jangka pendek (Laijapen) pada siklus I dan penilaian segera (Laiseg) di siklus II. kemudian memberikan angket jua dilakukan untuk mendapatkan data yang lebih banyak mengenai sikap optimis siswa.Hasil analisis data saat observasi sebelum penelitian diperoleh10 orang siswa di kelas XI-IPA tahun ajaran 2013-2014 yang memiliki sikap optimis rendah untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi dikarenakan kondisi ekonomi yang lemah. Setelah siklus I dilaksanakan beserta penilaian lainnya diperoleh 3 orang yang sudah mencapai kategori baik sikap optimisnya dan 7 orang lagi masih memiliki sikap optimis rendah. Setelah melakukan refleksi maka dilaksanakan siklus II dan diperoleh 8 orang meningkat sikap optimisnya untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa sikap optimis siswa kelas XI IPA MAN Siabu tahun ajaran 2013-2014 yang berasal dari keluarga kurang mampu ekonomi untuk melanjutkan studi ke perguran tinggi dapat ditingkatkan dengan bimbingan kelompok. Untuk ke depannya alangkah baiknya bimbingan kelompok dapat diterapkan untuk meningkatkan sikap optimis siswa kurang mampu ekonomi untuk melnajutkan studi ke perguruan tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMilfayetty, Sri196212121986012001
Call Number: 371.46 Yas m
Keywords: Sikap Optimis; Bimbingan Kelompok; Kurang Mampu Ekonomi; Melanjutkan Studi; Perguruan Tinggi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7838

Actions (login required)

View Item View Item