Turnip, Selly Christi (2014) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF (PENGENALAN BENTUK) ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ST. LUSIA MEDAN T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
|
Text
COVER.pdf - Published Version Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN - LEMBAR PENGESAHAN - PERBAIKAN SKRIPSI.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf - Published Version Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (343kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version Download (52kB) | Preview |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah permainan tradisional Engklek dapat mengembangkan kongnitif (Pengenalan Bentuk) anak usia 5-6 tahun di Tk Santa Lusia Medan T.A 2013/2014. Tujuan penelitian adalah untuk Mengetahui Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Perkembangan Kognitif (Pengenalan Bentuk) Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Santa Lusia Medan. Metode penelitian ini termasuk penelitian eksperimen yaitu only-posttes control grup design. Dimana dalam menentukan sampel penelitian ini penulis menggunakan probability sampling. Jumlah sampel penelitian adalah sebanyak 86 anak, yang terdiri dari 43 kelas kontrol dan 43 kelas eksperimen T.A 2014/2015. Untuk memperoleh data dalam penulisan ini penulis melakukan pengumpulan data dengan cara melakukan observasi.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketaui bahwa siswa kelas eksperimen memilik nilai tertinggi, dan nilai rata-rata yang tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan kognitif terutama pengenalan bentuk anak kelas eksperimen lebih baik dibandingkan anak yang berada di kelas kontrol. Hasil perhitungan terlihat bahwa thitung = 4,72 > ttabel = 1,671, dengan demikian hipotesis Ho ditolak da Ha diterima sehingga dapat dinyatakn : Ada Pengaruh Yang Signifikan Antara Permainan Tradisional Engklek Terhadap Perkembangan Kognitif Terutama Pengenalan Bentuk Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Santa Lusia Medan Tahun Ajaran 2013/2014.Berdasarkan penjelasan yang telah dipaparkan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menerapkan permainan tradisional engklek mampu memberikan peningkatan terhadap perkembangan kognitif terutama pengenalan bentuk pada anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||
Call Number: | 374.019 Tur p | ||||||
Keywords: | Permainan Tradisional; Engklek; Geometri; Pengendalian Bentuk; Perkembangan Koginitif | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD | ||||||
Depositing User: | Mr Muhammad Iqbal | ||||||
Date Deposited: | 19 Jul 2016 04:13 | ||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7763 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |