PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS IV SD EGERI NO.104208 CINTA RAKYAT

ASTUTI, SRI (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI KELAS IV SD EGERI NO.104208 CINTA RAKYAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313338 COVER.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313338 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313338 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313338 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313338 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313338 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313338 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313338 BAB I.pdf - Published Version

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313338 BAB V.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313338 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya keterampilan sosial siswa di kelas IV SD Negeri No.104208 Cinta Rakyat. Dari hasil observasi ditemukan bahwa masih banyak siswa yang kurang aktif dalam melakukan komunikasi dan bekerja sama dengan sesama teman sebaya, kurang partisipatif dan inisiatif dalam menyelesaikan masalah yang terdapat didalam kelas dan dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Keterampilan siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dan mengetahui keterlibatan siswa dalam belajar terhadap startegi pembelajaran kooperatif tipe STAD yang diterapkan.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 32 siswa pada semester II yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 21 orang perempuan. Jenis Penelitian yang dilakukan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus,. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah SD Negeri No.104208 Cinta Rakyat, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IV SD Negeri No.104208 Cinta Rakyat Kabupaten Deli Serdang.Hasil penelitian diperoleh: (1) Pada test angket awal diperoleh rata-rata angket siswa 44,22 dengan persentase sebesar secara klasikal 20 orang siswa terampil (62,50%) dan 12 orang siswa kurang terampil (37,50%), sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yakni perolehan rata-rata angket siswa 44,375 dengan persentase secara klasik 23 orang siswa terampil (71,875%) dan 9 orang kurang terampil (28,125%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima yaitu dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD keterampilan sosial siswa pada materi perekonomian masyarakat mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri No.104208 Cinta Rakyat dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorManalu, Effendi19600511198601002
Call Number: 372.83 Ast p
Keywords: Hakikat Belajar; Keterampilan Sosial; Pembelajaran Kooperatif; STAD; IPS; Materi Pembelajaran IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7707

Actions (login required)

View Item View Item