UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DEGAN MENGGUNAKAN DENGAN MENGGUNAKAN DISCOVERY PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDN 050657 STABAT T.A 2013/2014

Siregar, Efrida Yasni (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DEGAN MENGGUNAKAN DENGAN MENGGUNAKAN DISCOVERY PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SDN 050657 STABAT T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1103311021 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311021 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311021 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311021 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311021 TABLES.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Adapun Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri 050657 Stabat Tahun Ajaran 2013 / 2014. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Dengan menggunakan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri No 050657 Stabat Tahun Ajaran 2013 / 2014. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode discovery. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai Juli 201. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri No 050657 Stabat yang berjumlah 24 orang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) melakukan tindakan, (3) mengamati (observasi), dan (4) refleksi. Alat penggumpul data dalam penelitian ini dengan menggunakan tes dan observasi. Dari analisis yang dilakukan pada tes awal sebelum dilakukan tindakan, kondisi kemampuan siswa kelas IV masih rendah, karena hasil penelitian menunjukkan pada tes awal dari 24 siswa hanya terdapat 6 orang siswa yang tuntas(25%), sedangkan siswa yang tidak Tuntas sebanyak 18 orang(75%). Pada siklus I dari 24 siswa terdapat 12 orang siswa yang tuntas (50%), sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 12 orang siswa(50%). Setelah dilakukan tindakan pada siklus II kondisi kemampuan siswa jauh lebih baik. Dari 24 siswa terdapat 21 orang siswa yang tuntas (87,5%) , sedangkan siswa yang tidak tuntas hanya 3 orang siswa(12,5%). Setelah dilaksanakan siklus I dan II, maka diketahui penyebab kesulitan dalam menyelesaikan soal yaitu kurangnya pemahaman siswa. Hal ini disebabkan guru masih cenderung menggunakan metode ceramah dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, penggunaan metode discovery pada proses belajar mengajar harus diterapkan pada kalangan guru di setiap sekolah. Tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika khususnya pada materi sifat-sfait kesebangunan dan simeteri lipat. Dengan demikian, dapat disimpulkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V SDN 050657 Stabat Tahun Ajaran 2013 / 2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSilalahi, Wesly195710281985031002
Call Number: 372.92 Sir u
Keywords: Hasil Belajar; Metode Discovery; Pembelajaran Matematika; SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7667

Actions (login required)

View Item View Item