PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM SITI HAJAR MEDANTTAHUN AJARAN 2013/2014

Sari, Maya (2014) PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM SITI HAJAR MEDANTTAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
110311035 COVER.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
110311035 LEMBAR PERSETUJUAN - PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
110311035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
110311035 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
110311035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
110311035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
110311035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
110311035 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
110311035 BAB I.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
110311035 BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
110311035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran di dalam kelas, yang dapat mengembangkan kecerdasan visual spasial anak, serta kurangnya stimulus yang diberikan guru untuk melatih kecerdasan visual spasial anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media gambar terhadap kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun di TK Islam Siti Hajar Medan tahun ajaran 2013/2014.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak B TK Islam Siti Hajar Medan yang berjumlah 3 kelas (B1,B2,B3) yang masing-masing kelas berjumlah 30 anak, sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas B3 sebagai kelas eksperimen dan kelas B2 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan metode tehnik random sampling unit (kelas). Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi terstruktur, dan analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan dengan uji t dengan taraf nyata α = 0,05.Berdasarkan hasil analisis data di atas diperoleh nilai rata-rata pada kelas kontrol (5,16) dengan nilai tertinggi 7 dan nilai terendah 3. Sedangkan nilai rata-rata pada kelas eksperimen (10,23) dengan nilai tertinggi 12 dan nilai terendah 8. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kecerdasan visual spasial anak pada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu (15,843) > (1,695) pada taraf α = 0.05. Dengan demikian media gambar berperngaruh secara signifikan terhadap kecerdasan visual spasial anak usia 5-6 tahun di TK Islam Siti Hajar Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKamtini, 197012011997022001
Call Number: 374.26 Sar p
Keywords: Media Gambar; Pemilihan Media Gambar; Kecerdasan Visual Spasial; Pengertian Kecerdasan
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7663

Actions (login required)

View Item View Item