PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONGKRET DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN MATERI PERKALIAN MATEMATIKA DI KELAS III SD 030427 KEAJAAN TA 2012/2013 KABUPATEN PAKPAK BHARAT

Pakpahan, MARLENGGEM (2014) PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONGKRET DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN MATERI PERKALIAN MATEMATIKA DI KELAS III SD 030427 KEAJAAN TA 2012/2013 KABUPATEN PAKPAK BHARAT. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1090230331 COVER.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1090230331 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
1090230331 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1090230331 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1090230331 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1090230331 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1090230331 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1090230331 BAB I.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1090230331 BAB V.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1090230331 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview

Abstract

Pada materi perkalian kelas III semester I, siswa – siswi merasa kesulitan memahami konsep perkalian karena pada waktu pelaksanaan pembelajaran tidak menggunakan media konkret. Akibatnya hasil belajar siswa tidak sesuai harapan. Pada penelitian ini yang dibahas merupakan mata pelajaran matematika yang terdapat dikelas III SD dengan pokok bahasan perkalian. Dalam penelitian ini menggunakan media benda konkret untuk memudahakan dalam menanamkan pemahaman konsep perkalian.Dari latar belakang yang ada maka peneliti mengajukan permasalahan yaitu: Apakah dengan menggunakan benda konkret dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran perkalian di kelas III, pada materi perkalian?Hasil observasi proses belajar mengajar perkalian pada siklus I nilai keaktifan siswa sebesar 52,5 % dengan criteria kurang. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 80 % dengan kriteria baik. Hasil tes belajar perkalian dengan menggunakan media benda konkret pada siklus I diperoleh rata – rata 57,22 dengan criteria belum tuntas sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata – rata 73, 6 dengan criteria tuntas.Setelah diperoleh data keaktifan siswa dan nilai hasil belajar siswa maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa dalam meningkatkan pemahaman konsep pembelajaran materi perkalian di kelas III dengan menggunakan media benda konkret sangat berpengaruh positif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSinaga, Fajar Apollo196902212002121002
Call Number: 372.92 Pak p
Keywords: Media; Fungsi Media; Media Benda Konkrit; Perkalian; Fungsi Media Benda Konkrit
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7639

Actions (login required)

View Item View Item