MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DI KELAS V SD NEGERI 101777 SAENTIS T.A 2013/2014

Syarivah, Yeni (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DI KELAS V SD NEGERI 101777 SAENTIS T.A 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1103311094 COVER.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311094 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311094 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311094 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311094 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311094 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311094 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311094 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311094 BAB I.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311094 BAB V.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311094 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311094 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview

Abstract

Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu: rendahnya hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya di kelas V, metode pembelajaran yang diterapkan guru kurang bervariasi, siswa kurang tertarik dalam proses pembelajaran IPA, siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran IPA. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demonstrasi pada materi sifat-sifat cahaya di kelas V SD Negeri 101777 Saentis T.A 2013/2014.Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 101777 Saentis, pada siswa kelas V dengan jumlah siswa 41 orang, dengan jumlah murid perempuan sebanyak 20 dan siswa laki-laki 21 orang. Penelitian tindakan ini dilakukan dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaaan, pengamatan dan refleksi. Untuk memperoleh data pada penelitian ini peneliti melakukan tes hasil belajar kepada siswa dan menggunakan lembar observasi untuk siswa dan guru. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif model Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulanHasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya di Kelas V SD Negeri 101777 Saentis T.A 2013/2014. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pada kondisi awal atau sebelum diberi tindakan terdapat 36 siswa (87,80%) yang belum tuntas belajar, 5 orang (12,20%) yang tuntas belajar. Pada siklus I terdapat 27 siswa (65,85%) yang belum tuntas belajar, 14 siswa (34,15%) yang tuntas belajar, dan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 34 siswa (82,93%) yang tuntas belajar, 7 siswa (17,07%) yang belum tuntas belajar. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi merupakan salah satu metode pembelajaran yang membuat siswa menjadi aktif dan memberi peluang siswa untuk berfikir kreatif dan sistematis serta kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya di kelas IV SD Negeri 101777 Saentis T.A 2013/2014. Disarankan kepada guru-guru agar menerapkan metode pembelajaran demonstrasi kepada siswa untuk menyajikan materi sifat-sifat cahaya. Kepala sekolah hendaknya mengupayakan penyediaan buku-buku penunjang peningkatan professional guru,terutama buku tentang metode pembelajaran inovatif. Bagi peneliti lain disarankan untuk melakukan percobaan sebelum melakukan pelaksanaan metode demonstrasi dengan mempertimbangkan ketersediaan alat dan bahan peraga serta alokasi waktu yang tersedia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitorus, Ramli195502041979031001
Call Number: 372.35 Sya m
Keywords: Pengertian Belajar; Prinsip Belajar; Hakekat Hasil Belajar; Metode Demonstrasi; Cahaya; Sifat-sifat Cahaya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7618

Actions (login required)

View Item View Item