MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 106164 SAMBIREJO TIMUR TAHUN AJARAN 2013/2014

Afriani, Asnensi (2014) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 106164 SAMBIREJO TIMUR TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1103311005 COVER.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311005 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311005 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311005 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311005 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311005 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311005 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311005 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311005 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311005 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311005 BAB I.pdf - Published Version

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311005 BAB V.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311005 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar IPA siswa pada materi Sifat-sifat Cahaya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa pada materi pembelajaran sifat-sifat cahaya dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining kelas V SD Negeri 106164 Sambirejo Timur. Penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining sebagai salah satu model pembelajaran yang berbeda dengan metode ceramah. Dalam model pembelajaran Student Facilitator and Explaining peserta didik diajarkan untuk saling berinteraksi, berpartisipasi dan aktif dengan menggunakan siswa sebagai perencana dan sebagai fasilitator sehingga pembelajaran lebih menarik, dapat melatih rasa percaya diri siswa, melatih daya ingat siswa, serta lebih efektif dan lebih cepat dimengerti.Penelitian ini menggunakan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan tindakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining, subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 106164 Sambirejo Timur Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yakni siklus I dan siklus II.Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan,pelaksanaan,tindakan,observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Berdasarkan analisis data, bahwa hasil observasi motivasi belajar siswa pada kondisi awal terdapat 5 orang siswa yang termotivasi dan 29 orang siswa tidak termotivasi dan nilai rata- rata motivasi belajar siswa adalah (14,70%), dan pada siklus I pertemuan I terdapat 11 orang siswa yang termotivasi dan 23 orang siswa yang tidak termotivasi dan nilai rata- rata motivasi belajar siswa adalah (32,25%),dan pada siklus I pertemuan II terdapat 21 orang siswa yang termotivasi dan 13 orang siswa yang tidak termotivasi dan nilai rata-rata motivasi belajar siswa adalah (61,76%), sedangkan pada siklus II pertemuan I terdapat 26 siswa termotivasi dan 8 orang siswa tidak termotivasi dengan diperoleh rata-rata motivasi belajar siswa adalah (76,47%), dan pada siklus II pertemuan II terdapat 33 orang siswa termotivasi dan 1 orang siswa tidak termotivasi dengan diperoleh rata-rata motivasi belajar siswa adalah (97,06%). Maka dapat dikatakan bahwa setelah menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada materi pokok sifat-sifat cahaya di SD Negeri 106164 Sambirejo Timur tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAnwar, Kahirul195807091985011001
Call Number: 372.35 Afr m
Keywords: Hakikat Belajar; Motivasi; Jenis-jenis Motivasi Belajar; Model Pembelajaran; Indikator Motivasi Belajar; Student Facilitator and Explaining
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7597

Actions (login required)

View Item View Item