MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXPLICITINSTRUCTION PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD SDN 060908 KEC. MEDAN DENAI T.A 2014/2015

Purba, Sherly Monalisa (2015) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXPLICITINSTRUCTION PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD SDN 060908 KEC. MEDAN DENAI T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1113311045 COVER.pdf]
Preview
Text
1113311045 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[thumbnail of 1113311045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
1113311045 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of 1113311045 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
1113311045 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 1113311045 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
1113311045 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 1113311045 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
1113311045 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 1113311045 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
1113311045 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 1113311045 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
1113311045 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 1113311045 DAFTAR GRAFIK.pdf]
Preview
Text
1113311045 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 1113311045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
1113311045 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 1113311045 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
1113311045 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of 1113311045 BAB I.pdf]
Preview
Text
1113311045 BAB I.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of 1113311045 BAB V.pdf]
Preview
Text
1113311045 BAB V.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 1113311045 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
1113311045 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kurang terampilnya siswa dalammenulis karangan deskripsi. Hal ini menyebabkan nilai keterampilan menuliskarangan deskripsi siswa menjadi rendah dan belum mencapai nilai KKM yangtelah ditentukan sekolah, yaitu 70.00. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkanketerampilan menulis karangan deskripsi dengan model Explicit Instruction dalampembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian initerdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahapanyaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalampenelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 060908 Kec. Medan Denai sebanyak 30orang siswa. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalahobservasi dan portofolio. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatifdan kualitatif.Pada siklus I pertemuan I rata-rata hasil observasi kegiatan guru pada siklusI sebesar 92.00% dengan kriteria sangat baik dan meningkat pada siklus IImenjadi 93.00% dengan kriteria sangat baik. Sementara rata-rata hasil observasikeaktifan siswa pada siklus I dan siklus II sebesar 91,25% walaupun dari siklus Ike siklus II tidak mengalami peningkatan tetapi kriterianya sudah tergolong dalamkriteria sangat baik. Sedangkan keterampilan menulis karangan deskripsidiperoleh jumlah nilai rata-rata siswa kelas IV SDN 060908 yang berjumlah 300rang pada siklus I pertemuan I sebesar 65.90, dengan tingkat ketuntasan belajarsiswa 56.67%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan IIsebesar 70.97 dengan tingkat ketuntasan belajar siswa 63.33%. Sehingga untuksiklus I diperoleh nilai rata-rata klasikal sebesar 68.44 dengan rata-rata persentaseketuntasan klasikal sebesar 60.00%. Sedangkan pada siklus II pertemuan I nilairata-rata yang diperoleh sebesar 73.13 dengan tingkat ketuntasan belajar 86.67%,Kemudian mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan II sebesar 76.27dengan tingkat ketuntasan belajar 90.00%. Sehingga untuk siklus II diperoleh nilairata-rata klasikal sebesar 74.72 dengan rata-rata persentase ketuntasan klasikalsebesar 88.34%.Dengan demikian peneliti dapat menyimpulkan dengan menggunakanmodel Explicit Instruction pada pembelajaran bahasa indonesia khususnyamenulis karangan deskripsi tidak hanya meningkatkan keterampilan menuliskarangan deskripsi siswa tetapi juga dapat meningkatkan kualitas prosespembelajaran menulis deskripsi di kelas IV SDN 060908 Kec Medan Denai

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 372.62 Pur m
Keywords: Keterampilan; Menulis;, Deskripsi;, Model Explicit; Instruction
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
Last Modified: 08 Aug 2016 07:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7571

Actions (login required)

View Item
View Item