HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 060822 MEDAN AREA TAHUN AJARAN 2013/2014

Rambe, Linda Sari (2014) HUBUNGAN PENGELOLAAN KELAS DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 060822 MEDAN AREA TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109 311 054 COVER.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109 311 054 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109 311 054 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109 311 054 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109 311 054 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109 311 054 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109 311 054 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109 311 054 BAB I.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109 311 054 BAB V.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109 311 054 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada hubungan yang positif dan signifikan antara pengelolaan kelas dengan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri No. 060822 Medan Area tahun ajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Pengelolaan Kelas dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri No. 060822 Kec. Medan Area Tahun Ajaran 2013/2014. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian deskriftif korelasional. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri No. 060822 Kec. Medan Area. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 33 siswa. Yang terdiri dari 18 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis memberikan angket kepada siswa yang terdiri dari 2 angket yang masing-masing angket memiliki butir item yang berbeda angket pertama khusus untuk mengetahui pengelolaan kelas penulis membuat sebanyak 25 butir soal. Sementara, untuk mengetahui hasil belajar, penulis membuat sebanyak 25 butir soal. Dari analisis data, penulis menggunakan korelasi product moment untuk mengetahui hubungan antara pengelolaan kelas dengan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil data penelitian diketahui bahwa pengelolaan kelas di Kelas V SD Negeri No. 060822 Medan Area termasuk dalam kategori “sangat baik” dengan nilai rata-rata 3,39. Dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 060822 Medan Area juga termasuk dalam kategori “cukup baik” dengan nilai rata-rata 2,08. Hasil penelitian diketahui bahwa terdapat hubungan yang cukup berarti antara pengelolaan kelas dengan hasil belajar siswa yang dinyatakan dengan rxy (5,570)>rtabel(2.0395). Pengelolaan Kelas berkontribusi sebesar 72,40% terhadap hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri No. 060822 Kec. Medan Area Tahun Ajaran 2013/2014. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 5,570 sedangkan ttabel yang diperoleh dari daftar kritis pada tabel t terhadap alpha 0,05% sebesar 2.0395 artinya thitung>ttabel (5,570>2.0395) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengelolaan kelas dengan hasil belajar siswa Kelas V SD Negeri No. 060822 Kec. Medan Area Tahun Ajaran 2013/2014.Berdasarkan hasil penelitian dapat dibuat kesimpulan bahwa baik atau tidaknya pengelolaan kelas dapat memberikan dampak bagi hasil belajar siswa di sekolah. Apabila pengelolaan kelas baik, maka hasil belajar siswa tinggi sehingga prestasi belajar siswa pun akan tinggi pula, begitu juga sebaliknya. Motivasi berperan penting sebagai penggerak dalam diri siswa agar dapat belajar secara aktif, senang dalam belajar dan dapat mencapai hasil belajar yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, Wildansyah19581111198601001
Call Number: 372.068 Ram h
Keywords: Hakikat Belajar; Alat Peraga; Hasil Belajar; Kerangka Teori; Perpustakaan Kelas; Alat Pengajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7560

Actions (login required)

View Item View Item