MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING KELAS IV SDN NO 118299 AFD C AEK RASO TAHUN AJARAN 2013/2014

Wahyuni, Sri (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING KELAS IV SDN NO 118299 AFD C AEK RASO TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1102111008 COVER.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1102111008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1102111008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1102111008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1102111008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1102111008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1102111008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1102111008 BAB I.pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1102111008 BAB V.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1102111008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas IV SDN No 118299 ADF C Aek Raso Tahun Ajaran 2013/2014? Jenis penelitian yang digunkan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek seluruh siswa kelas IV sebanyak 36 orang siswa yang dimana 22 laki-laki dan 14 perempuan. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi.Berdasarkan analisis data pada saat pretes dari 36 orang siswa diperoleh tingkat ketuntasan klasikal sebanyak 4 orang siswa atau 11,11% mendapat nilai yang tuntas, dan sebanyak 32 orang siswa atau 88,89% nilai belum tuntas atau dibawah nilai ≤ 65. Pada siklus I, pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 62,91% dengan tingkat distribusi penggolongan nilai tes terdapat 17 siswa (47,22%) yang memperoleh nilai ≤ 65. Setelah tes hasil kemampuan menulis kalimat pada siklus I ditemukan beberapa siswa masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan menulis cerita rumpang. Berdasarkan hasil pengamatan diperoleh kesimpulan sementara masih terdapat sebagian siswa yang kurang mengerti materi yang disampaikan oleh guru. Pada siklus II masih menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining, selanjutnya dari pemberian tes hasil kemampuan menulis kalimat pada siklus II diperoleh peningkatan nilai rata-rata 81,11% yang memperoleh nilai ≥ 80. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas IV SDN No 118299 AFD C Aek Raso T.A 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanungkalit, Erlinda195807091985011001
Call Number: 372.62 Wah m
Keywords: Pengetahuan; Model Pembelajaran; Kemampuan Menulis; Student Facilitator and Explaining; Tanda Baca; Cerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7517

Actions (login required)

View Item View Item