PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERKEMBANGAN KARAKTER KERJA SISWA MENGHADAPI UJIAN DI SMP NEGERI 17 MEDAN TA. 2013/2014

Purba, Wieke Witanti (2013) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERKEMBANGAN KARAKTER KERJA SISWA MENGHADAPI UJIAN DI SMP NEGERI 17 MEDAN TA. 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109851019 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109851019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109851019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109851019 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109851019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109851019 BAB I.pdf - Published Version

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109851019 BAB V.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109851019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok. Tujuan penelitin ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap perkembangan karakter kerja keras siswa menghadapi ujian di SMP N 17 Medan Tahun Ajaran 2013/2014.Subjek penelitian ini adalah kelas IX SMP N 17 Medan yang berjumlah 39 orang siswa. Adapun teknik pengambilan sampel data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebesar 12 orang yang diambil berdasarkan skor total dari pengisian instrumen angket yang mengandung karakteristik karakter kerja keras menghadapi ujian yang disebar pada siswa kelas yang dianggap memiliki sikap karakter kerja keras menghadapi ujian yang cenderung rendah. Dari penyebaran angket itu diperoleh data 9 orang yang memiliki skor rendah dan yang tinggi 3 orang. Hasil penentuan sampel ini dilakukan oleh peneliti bersama-sama guru BK di sekolah SMP N 17 Medan Tahun Ajaran 2013/2014.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakannya penerapan layanan bimbingan kelompok (pre test) keadaan karakter kerja keras menghadapi ujia dengan rata-rata 87,16 dan setelah dilaksanakan penerapan layanan bimbingan kelompok (post test) perkembangan karakter kerja keras menghadapi ujian siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata 100,16.Dari hasil uji hipotesis diperoleh t_hitung = 2,725 dan t_tabel = 1,796 sehingga diperoleh hasil t_hitung > t_tabel (2,725 > 1,796). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan bimbingan kelompok memiliki pengaruh terhadap perkembangan karakter kerja keras siswa menghadapi ujian di SMP Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRahmulyani, 196105111986012001
Call Number: 371.404 7 Pur p
Keywords: Bimbingan Kelompok; Komponen Layanan; Tahap Kegiatan; Karakter; Karakter Manusia; Pengembangan Karakter
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF795 Temperament. Character
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7502

Actions (login required)

View Item View Item