PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SAINS PADA MATERI POKOK GAYA GESEK DI KELAS V-A SD NEGERI 101771 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2013/2014

Putra, Diki Desmantio (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SAINS PADA MATERI POKOK GAYA GESEK DI KELAS V-A SD NEGERI 101771 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1103311016 COVER.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311016 SURAT PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311016 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311016 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311016 BAB I.pdf - Published Version

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311016 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1103311016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada materi pokok gaya gesek di kelas V-a SD Negeri 101771 Tembung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada materi pokok gaya gesek dan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-a SD Negeri 101771 Tembung Tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah 30 orang siswa yang terdiri dari 21 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan lembar observasi dan angket. Dan hasil penelitian yang diperoleh bahwa motivasi belajar siswa menglami peningkatan yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata motivasi belajar siswa untuk tiap siklus, pada kondisi awal skor motivasi belajar siswa dari 30 orang siswa, yang termotivasi adalah 3 orang dengan persentase (10%), dan skor motivasi belajar siswa pada siklus I pertemuan I meningkat menjadi 10 orang siswa termotivasi dengan persentase (33,3%), dan terjadi peningkatan pada siklus I pertemuan II yaitu 18 orang siswa termotivasi dengan persentas (60%), dan juga terjadi peningkatan pada siklus II pertemuan I yaitu 23 orang siswa termotivasi dengan persentase (76,6%), dan terjadi yang signifikan pada siklus II pertemuan yaitu 29 orang siswa termotivasi dengan persentase (96,6%).Dan dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi gaya gesek di kelas V-a SD Negeri 101771 Tembung tahun ajaran 2013/2014. Sehingga pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorKaro- karo, Demmu195810071985011001
Call Number: 372.35 Put p
Keywords: Motivasi Belajar; Kajian Materi; Model Pembelajaran; Sains; Pembelajaran Kooperatif; Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7485

Actions (login required)

View Item View Item