MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS PADA MATERI POKOKGAYA GESEK MELALUI PENGGUNAAN STRATEGIPEMBELAJARAN INKUIRI KELAS V SD NEGERI

Tobing, Dewi Saulina (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS PADA MATERI POKOKGAYA GESEK MELALUI PENGGUNAAN STRATEGIPEMBELAJARAN INKUIRI KELAS V SD NEGERI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
71211920390 COVER.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
71211920390 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
71211920390 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
71211920390 DAFTAR BISI.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
71211920390 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
71211920390 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
71211920390 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
71211920390 BAB I.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
71211920390 BAB V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
71211920390 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
71211920390 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sains siswa pada materi pokok gaya gesek dengan penggunaan strategi pembelajaran inkuiri di Kelas V SD Negeri 060809 Medan T A 2013 2014 Penelitian termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas PTK Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 060809 Medan tahun ajaran 2013 2014 berjumlah 30 siswa Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes hasil belajar dan lembar observasi Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatifHasil penelitian menujukkan bahwa hasil pretes sebelum materi diajarkan diperoleh rata rata nilai sebesar 315 dan tidak seorangpun siswa yang mencapai ketuntasan dalam belajar Pada siklus I hasil belajar sains siswa meningkat dengan rata rata nilai sebesar 66 2 Jumlah siswa yang tuntas belajar hanya 21 siswa atau 7 sedangkan yang belum tuntas sebanyak 9 orang atau 30 Pada siklus II setelah dilakukan perbaikan pembelajaran dari hasil postes siklus II hasil belajar sains siswa kembali meningkat menjadi rata rata sebesar 80 8 Jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 28 orang atau 93 3 sedangkan yang belum tuntas sebanyak 3 orang atau 6 7 Dengan demikian berdasarkan hasil temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar sains siswa pada materi pokok gaya gesek di kelas V SD Negeri 060809 Medan T A 2013 2014 Sebagai tindak lanjut disarankan kepada guru untuk dapat menggunakan dan mengembangkan strategi pembelajaran inkuiri sebagai upaya meningkatkan hasil belajar sains siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSyamsuarni, 195005131974122001
Call Number: 372.35 tob m
Keywords: Hasil belajar; Strategi pembelajaran; Kerangka berpikir; Kegiatan belajar; Siswa; Kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7458

Actions (login required)

View Item View Item