PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA SISWA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 107402 SAENTIS KEC. PERCUT SEI TUAN KAB. DELI SERDANG T.A 2014/2015,

Tantyah. Yuka Nova, (2015) PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA SISWA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SD NEGERI 107402 SAENTIS KEC. PERCUT SEI TUAN KAB. DELI SERDANG T.A 2014/2015,. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1113311058 COVER.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113311058 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113311058 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113311058 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113311058 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113311058 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113311058 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113311058 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113311058 BAB I.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113311058 BAB V.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1113311058 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview

Abstract

Rumusan dalam penelitian ini adalah “apakah dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas IV SD pada mata pelajaran bahasa Indonesia”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa dalam menulis karangan sederhana pada pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas IV SD Negeri 107402 Saentis Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, model yang digunakan adalah model deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian tindakan kelas dilakukan di kelas IV SD Negeri 107402 Saentis Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2014/2015, yang berjumlah 30 orang. Data yang digali meliputi : pengamatan guru dan siswa, dan tes kemampuan menulis karangan. Data dari narasumber yang meliputi guru kelas IV dan kepala sekolah SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman pengamatan dan tes kemampuan. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi Berdasarkan hasil peneltian yang diperoleh (1) nilai ketuntasan awal sebelum digunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) hanya 4 orang (23,33%) dan yang tidak tuntas 4 orang (76,66%) (2) nilai ketuntasan pada siklus I sebanyak 19 orang (56,66%) dan yang tidak tuntas 11 orang (43,33%) (3) nilai rata-rata pada siklus II meningkat dengan nilai ketuntasan sebanyak 27 orang (90,00%) dan yang tidak tuntas sebanyak 3 orang(10,00%). Hasil tes siswa di setiap siklus memberikan hasil memuaskan. Kemampuan guru dalam melaksanakan tindakan pada siklus I memperoleh nilai 2,71 termasuk pada kategori kurang. Sedangkan pada siklus II kemampuan guru meningkat dengan memperoleh nilai 3,57 termasuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada sub pokok bahasan menulis karangan sederhana di kelas IV SD Negeri 107402 Saentis Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang. Dan disarankan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada sub pokok bahasan menulis karangan sederhana melalui model Contextual Teaching and Learning (CTL) hendaknya guru memotivasi siswa yang berada dikelas agar tidak merasa bosan terhadap pelajaran Bahasa Indonesia terutama pada sub pokok bahasan menulis karangan sederhana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanjuntak, Eva Betty196130261987032001
Call Number: 372.62 Tan p
Keywords: menulis;Karangan;Kemampuan; Kontextual teaching and learning
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7439

Actions (login required)

View Item View Item