MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DI PAUD SANGGAR ANAK BANGSA LAB FIP UNIMED TAHUN AJARAN 2012/2013

Imeda, Regina (2013) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DI PAUD SANGGAR ANAK BANGSA LAB FIP UNIMED TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109113048 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113048 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113048 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113048 BAB I.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113048 BAB V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah melalui penggunaan mediagambar dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun denganmengenalkan angka, yaitu ; mampu menyebutkan angka, menirukan angka danmampu mengidentifikasi angka 1 dengan kata satu, angka 2 dengan kata dua,sampai angka 10 dengan kata sepuluh di PAUD Sanggar Anak Bangsa LAB FIPUNIMED tahun ajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untukmeningkatkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun melalui penggunaanmedia gambar.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK)yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus 2 kali pertemuan. Objek penelitian iniadalah kemampuan kognitif usia 4-5 tahun. Subjek penelitian adalah anak usia 4-5tahun di PAUD Sanggar Anak Bangsa berjumlah 14 orang, terdiri dari 5 oranganak laki-laki dan 9 orang anak perempuan. Tindakan penelitian adalahpenggunaan media gambar. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi.Data dianalisis dengan menggunakan analisis persentase dan deskriptif.Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa penggunaan mediagambar dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di PAUDSanggar Anak Bangsa. Hasil analisis persentasi menunjukkan sebanyak 3 oranganak atau 21,43 % termasuk kategori baik, 6 orang anak atau 42,85% termasukkategori cukup, 5 orang anak atau 35,72% termasuk kategori kurang. Hal inimenunjukkan bahwasanya hasil belum mencapai kriteria keberhasilan, sehinggaperlu dilakukan perbaikan tindakan pembelajaran pada siklus II. Dari hasil siklusII dilakukan perbaikan tindakan pembelajaran dengan tetap menggunakan mediagambar akan tetapi guru memberi kesempatan pada anak untuk secara bergantianmenghitung jumlah benda yang ada pada gambar kemudian menuliskan jumlahangkanya di tempat yang telah disediakan oleh guru. Peneliti juga menyiapkanlembar kerja anak dengan gambar berwarna-warni. selain itu guru jugamemberikan motivasi seperti memberikan hadiah kepada anak yang berhasilmengerjakan lembar kerjanya dengan baik tanpa bantuan guru. Hal ini dilakukanuntuk membuat anak tertarik menyelesaikan lembar kerjanya. Setelah tindakansiklus II dilakukan menunjukkan bahwa terdapat 8 orang anak atau 57,14%termasuk kategori sangat baik ,4 orang anak atau 28,57 % termasuk kategori baik.dan hanya ada 2 orang anak atau 14,28% yang masih tergolong kategori cukup.Dari hasil temuan penelitian tersebut diatas dapat disimpulkan bahwamelalui penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan kognitif anakusia 4-5 tahun di PAUD Sanggar Anak Bangsa dan dari hasil penelitian inidiharapkan kepada guru agar dapat menggunakan media gambar dalammeningkatkan kemampuan kognitif anak didiknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorKamtini, 19701201 199702 2 001
Call Number: 374.26 Ime m
Keywords: Kemampuan kognitif; Pengenalan angka; Media gambar; Kelebihan dan kekurangan; Langkah - langkah; Hipotesis tindakan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1139 Early childhood education
N Fine Arts > ND Painting > ND1115 Study and teaching
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7423

Actions (login required)

View Item View Item