UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA USIA 4-5 TAHUN TK SWASTA ASSISI MEDAN T.A 2012/2013

Tarigan, Hettiany br (2013) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA USIA 4-5 TAHUN TK SWASTA ASSISI MEDAN T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109113021 COVER.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113021 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113021 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113021 BAB I.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113021 BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109113021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview

Abstract

Permasalah pada penelitian ini adalah kurangnya kemampuan kognitif anak dalammengenal konsep bilangan usia 4-5 tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuipeningkatan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun dalam pengenalan konsep bilangansetelah menggunakan permainan kartu angka.Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A usia 4-5 tahun di TK SWASTAASSISI Medan yang berjumlah 35 orang, yang terdiri dari 18 orang anak perempuan dan17 orang anak laki-laki. Sedangkan objek penelitian ini adalah penggunaan permainankartu angka dalam pengenalan konsep bilangna untuk meningkatkan kemampuan kognitifanak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK) yang dilakukan dalam 2siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan.Berdasarkan hasil analisis data penelitian pada siklus I kemampuan kognitif anakdalam mengenal konsep bilangan sebagai berikut, 65,71% tergolong kurang berkembang,22,85% tergolong cukup berkembang, 11,42%tergolong berkembang baik, dan belum adaanak yang berkembang sangat baik. Pada siklus II kemampuan kognitif anak dalammengenal konsep bilangan sebagai berikut, sebanyak 60% tergolong sangat berkembang,31,42% tergolong berkembang baik, 5,71% tergolong cukup berkembang dan 2,85%tergolong kurang berkembang.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan kartu angka dapatmeningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan pada usia 4-5 tahun. Disarankan menggunakan kartu angka dalam proses pembelajaran untukmeningkatkan kemampuan kognitif anak terutama dalam mengenal konsep bilangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimaremare, Aman19610724 198703 1 002
Call Number: 374.26 Tar u
Keywords: Kemampuan kognitif; Permainan kartu angaka; Pengenanlan konsep bilangan; Pentingnya pembelajaran; Manfaat pembelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1141 Kindergarten
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7422

Actions (login required)

View Item View Item