MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL TEAM GAME TOURNAMENT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 162107 TEBING TINGGI

Harahap, Ira Mei Leni (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL TEAM GAME TOURNAMENT PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 162107 TEBING TINGGI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109311044 COVER.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311044 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311044 BAB I.pdf - Published Version

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311044 BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109311044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 162107 Tebing Tinggi, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Model Team Game Tournament sebagai sasaran utama bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Team Game Tournament untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika di kelas IV SD Negeri 162107 Tebing Tinggi dan untuk mengetahui perbedaan belajar siswa yang menggunakan Model Team Game Tournament pada pembelajaran Matematika materi Operasi Hitung Campuran di kleas IV SD Negeri 162107 Tebing Tinggi.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan menggunakan Model Team Game Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi Operasi Hitung Campuran pada pelajaran Matematika di kelas IV SD Negeri 162107 Tebing Tinggi. Jumlah Subjek Penelitian sebanyak 40 orang siswa yang berasal dari siswa kelas IV pada tahun ajaran 2012/2013, dimana kegiatan dilakukan saat pembelajaran Matematika berlangsung.Untuk memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini penulis melakukan tes dan observasi. Adapun teknik analisa data dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan menguraikan persentase yang digunakan.Setelah pelaksanaan pre test diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu tidak ada siswa (30%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 51.50 Setelah pelaksanaan siklus I dengan menggunakan menggunakan Model Team Game Tournament diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal yaitu orang siswa (55%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 66.25. Setelah pelaksanaan siklus II dengan menggunakan model pembelajaran permainan artikulasi diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebanyak 34 orang siswa (85%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 81.75Dengan demikian maka dapat dikatakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan menggunakan Model Team Game Tournament dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 162107 Tebing Tinggi pada pelajaran Matematika dalam materi Operasi Hitung Campuran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorTamba, Robenhart19511031 198103 1 001
Call Number: 372.705 Har m
Keywords: Belajar; Hasil belajar; Model pembelajaran; Team Gami tournament; Pembelajaran matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7355

Actions (login required)

View Item View Item