PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN MENGELOLA EMOSI PADA SISWA SMK S TRI KARYA MEDAN SUNGGAL

Lestari, Sumi (2013) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN MENGELOLA EMOSI PADA SISWA SMK S TRI KARYA MEDAN SUNGGAL. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109151062 cover.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151062 lembar pengesahan.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151062 kata pengantar.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151062 abstrak.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151062 daftar isi.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151062 daftar tabel.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151062 daftar lampiran.pdf - Published Version

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151062 BAB I.pdf - Published Version

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151062 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109151062 daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah adapengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing terhadapkemampuan mengelola emosi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkankemampuan siswa dalam mengelola emosi melalui layanan bimbingan kelompokdengan teknik role playing. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimendengan desain penelitian pretest-posttest control group desain. Subjek dalampenelitian adalah siswa kelas XI SMK S Tri Karya Medan Sunggal tahun ajaran2012-2013 berjumlah 12 orang. Penentuan subjek penelitian dilakukan denganpurpossive sampling. Data yang digunakan untuk mengetahui peningkatankemampuan mengelola emosi siswa dikumpulkan melalui angket mengelolaemosi dan lembar observasi yang diisi selama kegiatan. Data antara kelompokeksperimen dan kelompok kontrol dianalisis dengan menggunakan uji perbedaanMann Whitney U. Skor Pretest kedua kelompok menunjukkan kelompokeksperimen lebih rendah dari kelompok kontrol yaitu 11.50 < 13.50. Hasilpenelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan skor posttest kelompokeksperimen lebih besar dari kelompok kontrol yaitu 18.50 > 6.50. Dari hasillembar observasi menunjukkan rata-rata akhir 23.3 dengan keteranganmeningkat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bimbingan kelompok denganteknik role playing dapat meningkatkan kemampuan mengelola emosi siswa kelasXI SMK S Tri Karya Medan Sunggal Tahun Ajaran 2012-2013. Danmembuktikan hipotesis yang diajukan telah teruji kebenarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
UNSPECIFIEDLubis, Zuraida196302161987031001
Call Number: 371 404 7 / Les/P
Keywords: KEMAMPUAN ; MENGOLA EMOSI ;KRATISTIK; EMOSI REMAJA ; TEKNIK RAK PLAYING
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7289

Actions (login required)

View Item View Item