MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA PELAJARAN IPA MATERI POKOK PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS IV SDN 101896 TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2012/2013

Khairullah, (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA PELAJARAN IPA MATERI POKOK PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS IV SDN 101896 TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109099016 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313073 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109099016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109099016 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109099016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109099016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109099016 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109099016 BAB I.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109099016 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109099016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui implementasi model pembelajaran Mind Mapping di kelas IV SD 101896 Tanjung Morawa tahun Ajaran 2012/1013.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti memberikan prites awal untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran IPA tentang Perubahan Lingkungan dan kemudian dilanjutkan dengan siklus I dan II.Subjek yang melaksanakan tindakan dalam penelitian ini adalah peneliti yang bekerja sama dengan guru kelas sebagai obsever. Sedangkan objek yang dikenai tindakan dalam penelitian ini adalahsiswa kelas IV SD 101896.yang berjumlah 34 orang.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes. Pada penelitian tindakan kelas ini, digunakan analisis data diskripsi kualitatif yaitu suatu metode penelitian yang bersifat menggambarkan kenyaataan atau fakta sesuai dengan data yang diperoleh dengan tujuan mengetahui respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran selama proses belajar mengajar berlangsung.Dari data hasil observasi siklus I bahwa persentase siswa terdapat 62,5. Dan hasil obsevasi pada siklus ke II persentase siswa sudah meningkat yaitu 95,83. Hasil pengamatan tentang maind mapping data yang diperoleh selama kegiatan proes pembelajaran berlangsung, terdapat peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I yaitu 52.94% dan 94.11% pada siklus II.Berdasarkan hasil analisis data tentang hasil belajar siswa dan data pelaksanaan mind mapping disimpulkan bahwa model mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan lingkungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitorus, Ramli19550204 197903 1 001
Call Number: 372.35 Kha m
Keywords: Hasil belajar; Model pembelajaran; Mind mapping; IPA; Bahan ajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline > LB3050 Educational tests, measurements, evaluations and examinations
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7269

Actions (login required)

View Item View Item