MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI NO. 104214 DELITUA TAHUN AJARAN 2012 / 2013

Pratiwi, Indah (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI NO. 104214 DELITUA TAHUN AJARAN 2012 / 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109412004 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109412004 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109412004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109412004 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109412004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109412004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109412004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109412004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109412004 BAB I.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109412004 BAB V.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109412004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No. 104214 Delitua, jenis penelitianini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaranNumbered Heads Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakahpenggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) ini dapatmeningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri No. 104214 Delitua padamateri pokok Energi Panas dan Bunyi. Dengan penggunaan model pembelajaranNumbered Heads Together (NHT) ini siswa mampu untuk memahami tujuan daripembelajaran yang disampaikan oleh guru, sehingga siswa menjadi termotivasi untukmengikuti pembelajaran dengan baik dari guru.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 42 orangsiswa yang terdiri dari 21 orang perempuan dan 21 orang laki-laki. Penelitian inidilaksanakan selama 2 siklus yang masing – masing terdiri dari tahap perencanaan,tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan datadilakukan dengan menggunakan observasi dan tes.Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari 42 orang siswa, ketuntasanyang diperoleh siswa pada tes awal (pre tes) yaitu terdiri dari 4 orang siswa yangtuntas dengan persentase 9,5%, dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 38 orangsiswa dengan persentase 90,5%, dengan nilai rata – rata ketuntasan 42,9.Berdasarkan hasil yang diperoleh dari tes awal (pre tes), peneliti melaksanaantindakan Siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Numbered HeadsTogether (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang diperoleh pada saat tesawal. Dari pembelajaran yang diberikan guru pada Siklus I diperoleh nilai ketuntasan62,3 dengan perolehan jumlah siswa yang tuntas yaitu 20 orang siswa denganpersentase 47,6%. Dari perolehan hasil belajar siswa pada Siklus I ini siswa belum dikatakan tuntas walaupun hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan, sehingga perlu dilakukan lagi proses belajar mengajar pada Siklus II denganmenggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) agar dapatmemperbaiki hasil belajar siswa yang diperoleh pada Siklus I dan untukmeningkatkan hasil belajar siswa. Dari proses belajar mengajar pada siklus II inidiperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa lebih meningkat dari sebelumnya,dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 37 orang siswa dengan persentase 88,1%,dan siswa yang tidak tuntas yaitu sebanyak 5 orang siswa dengan persentase 11,9% dengan nilai rata – rata ketuntasan 80. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakanmodel pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasilbelajar siswa pada mata pelajaran IPA materi pokok energi panas dan bunyi di kelas IV SD Negeri No. 104214 Delitua Tahun Ajaran 2012/2013

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSitorus, Ramli19550204 197903 1 001
Call Number: 372.35 Pra m
Keywords: Hasil belajar; NHT; Pembelajaran; IPA; Energi panas; Bunyi.
Subjects: L Education > L Education (General) > L899 School fairs
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7268

Actions (login required)

View Item View Item