UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD SWASTA SYARIFAH PERCUT SEI TUAN TA. 2012/2013

Hotang, Nurhalimah Br. (2013) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD SWASTA SYARIFAH PERCUT SEI TUAN TA. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109111047 COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111047 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111047 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111047 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111047 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111047 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111047 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111047 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111047 BAB I.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111047 BAB V.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109111047 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview

Abstract

Adapun masalah dalam penelitian ini kurangnya rasa ingin tahu siswa terhadap materi pelajaran IPS karena guru kurang mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga aktivitas belajar siswa belum meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan materi pokok Kegiatan Ekonomi dalam Memanfaatkan Sumber Daya Alam dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick di kelas IV SD Swasta Syarifah Percut Sei Tuan TA. 2012/2013.Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick untuk mengetahui sebagaimana peningkatan aktivitas belajar siswa dengan materi pokok Kegiatan Ekonomi dalam Memanfaatkan Sumber Daya Alam. Adapun penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yang terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Swasta Syarifah Percut Sei Tuan yang berjumlah 38 orang, terdiri dari 20 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah melalui lembar observasi aktivitas belajar siswa berupa daftar check list.Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa dari 38 orang siswa nilai rata-rata aktivitas belajar siswa pra siklus 55,09%, pada siklus I pertemuan 1 naik menjadi 65,78% dan pertemuan 2 menjadi 72,77%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan 1 menjadi 76,31% dan pertemuan 2 meningkat sampai 80,09%. Sedangkan rata-rata ketuntasan klasikal kelas siklus I pertemuan 1 sebesar 26,31%, siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 55,26%. Kemudian pada siklus II pertemuan 1 naik menjadi 65,78% dan pertemuan 2 naik menjadi 78,94%. Skor tersebut telah mencapai skor ketuntasan klasikal yang ditetapkan oleh peneliti, yaitu 75%. Kemudian Hasil observasi guru juga mengalami peningkatan dimana siklus I pertemuan 1 sebesar 65% naik menjadi 72,5% pada siklus I pertemuan 2, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan 1 menjadi 80% dan pertemuan 2 meningkat menjadi 85%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa setelah dilaksanakannya proses belajar mengajar pada mata pelajaran IPS dengan materi pokok kegiatan ekonomi dalam memanfaatkan sumber daya alam di kelas IV SD Swasta Syarifah Percut Sei Tuan TA. 2012/2013

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAnwar, Kahirul195807091985011001
Call Number: 372.83 Hot u
Keywords: Aktivitas Belajar; Jenis-jenis; Manfaat; Pembelajaran Talking Stick
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7185

Actions (login required)

View Item View Item