MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBER HEAD TOGETHER)DI KELAS V SD NEGERI 060857 MEDAN T.A. 2012/2013

Hutabarat, Tini (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBER HEAD TOGETHER)DI KELAS V SD NEGERI 060857 MEDAN T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
109811151 COVER.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811151 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811151 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811151 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811151 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811151 BAB I.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811151 BAB V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
109811151 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar BahasaIndonesia dan aktivitas siswa dalam Menulis Karangan Narasi pada mata pelajaranBahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Learning tipeNHT (Number Head Together) di kelas V Siswa SD Negeri 060857 Medan TahunAjaran 2012/2013.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Siswa SD Negeri 060857 MedanTahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 33 orang. Data penelitian hasil belajardikumpul dengan menggunakan tes, dan data aktivitas guru dikumpul denganmenggunakan lembar observasi.Berdasarkan data hasil penelitian pada siklus I diperoleh bahwa rata-rata hasilbelajar siswa 56,36 dengan siswa yang tuntas belajar sebanyak 15 orang atau sekitar45,45 % dan yang tidak tuntas belajar sebanyak 18 orang atau sekitar 54,54%.Selanjutnya berdasarkan hasil observasi pada siklus I diperoleh bahwa persentaseaktivitas guru secara klasikal sebesar 77,50% dengan indeks sebesar 3,1 dan kategorisangat baik. Dengan demikian ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus pertamabelum tercapai sehingga dilanjutkan ke siklus berikutnya. Berdasarkan data hasilpenelitian pada siklus II diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebesar 72,27dengan siswa yang tuntas belajar sebanyak 29 orang atau sekitar 87,88% dan yangtidak tuntas belajar sebanyak 4 orang atau sekitar 12,12%. Pada siklus II ini, siswatelah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Selanjutnya berdasarkan hasilobservasi pada siklus II diperoleh persentase aktivitas guru sebesar 87,50% denganindeks 3,5 kategori sangat baik. Dari data hasil penelitian diperoleh kesimpulanbahwa (1) model pembelajaran Kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajarBahasa Indonesia pada kelas V Siswa SD Negeri 060857 Medan Tahun Ajaran2012/2013 dengan peningkatan rata-rata nilai hasil belajar sebesar 28,23% antarasiklus I dan Siklus II; (2) penggunaan Model pembelajaran NHT (Number HeadTogether) dapat meningkatkan Aktivitas Guru yang dapat dilihat dari persentaseaktivitas Guru pada siklus I sebesar 77,50% dan siklus II sebesar 87,50% denganpersentase peningkatan sebesar 12,90%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanjuntak, Eva Betty196110261987032001
Call Number: 372.6 Hut m
Keywords: Hasil Belajar; Kooperatif; Pembelajaran; Keunggulan; Langkah-langkah; Hakikat; Kooperatif; Materi; Berpikir; Hipotesis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7177

Actions (login required)

View Item View Item