MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PKN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS V SD NEGERI NO. 023893 BINJAI T.A 2011/2012

Lumban Raja, Yurike Theresia (2012) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PKN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS V SD NEGERI NO. 023893 BINJAI T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313414 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313414 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313414 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313414 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313414 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313414 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313414 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313414 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313414 BAB I.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313414 BAB V.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313414 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran PKn pada materi pokok Keputusan Bersama dengan menggunakan Cooperative Learning tipe Think Pair Share. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri 023893 Kecamatan Binjai Selatan Kota Binjai Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 32 orang terdiri dari 11 siswa perempuan dan 21 siswa laki laki. Tindakan yang digunakan yaitu Cooperative Learning Tipe Think Pair Share.Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing masing terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Satu siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi berupa daftar check-list aktivitas belajar siswa dengan indikator sebagai berikut: (a) mengajukan pertanyaan, (b) memberikan jawaban, (c) menyampaikan pendapat, (d) mendengarkan dan (e) menulis/mencatat. Data dianalisis menggunakan teknik analisis persentase kualitatif.Hasil penelitian pada siklus I diperoleh persentase rata-rata aktivitas 54.84% dengan tingkat keberhasilan aktivitas belajar 34.37%, tetapi hasil belum mencapai kriteria keberhasilan penelitian. Penelitian dilanjutkanke siklus II dengan perbaikan pada pembentukan kelompok pasangan. Hasil penelitian siklus II diperoleh persentase rata-rata 85.78% dengan tingkat keberhasilan aktivitas belajar 93.75%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Cooperative Learning Tipe Think Pair Share dapat meningkatkan aktivitas belajar Pkn siswa pada pokok bahasan keputusan bersama di kelas V SD Negeri No.023893 Binjai pada tahun ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorYus, Anita195907211986012001
Call Number: 372.2 Lum m
Keywords: Aktivitas Belajar; PKn; Cooverative Learning Tipe Think Pair Share
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7131

Actions (login required)

View Item View Item