PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKN SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 101732 KAMPUNG LALANG

Meliana S., Rani (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PKN SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 101732 KAMPUNG LALANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1104311053 COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311053 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311053 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311053 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311053 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311053 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311053 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311053 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311053 BAB I.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311053 BAB V.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311053 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn dalam materi globalisasi pada masyarakat sub pokok bahasan arti globalisasi dan dampak globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101732 Kampung Lalang yang berjumlah 30 orang siswa dengan jumlah laki-laki 17 orang siswa dan 13 orang siswa perempuan. Penelitian ini terdiri dari II siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakukan observasi yang bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Berdasarkan analisis hasil observasi pada saat pratindakan tingkat motivasi belajar siswa dapat dijelaskan bahwa dari 30 orang siswa pada kondisi awal terdapat siswa sangat rendah, rendah, tinggi, dan sangat tinggi.Pada kondisi awal diproleh data bahwa 13 siswa ( 43% ) motivasi belajarnya yang tergolong sangat rendah, 15 siswa (50 %) motivasi belajarnya yang tergolong rendah, dan 2 siswa ( 6,67 % )motivasi belajarnya yang tergolong tinggi. Pada siklus I terdapat siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah, dan tinggi. Pada siklus I diproleh data bahwa 8 siswa ( 27 % ) motivasi belajarnya yang tergolong rendah, 22 siswa ( 73 % ) motivasi belajarnya yang tergolong. Pada siklus II terdapat siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah, tinggi, dan sangat tinggi. Pada siklus II diproleh data bahwa 2 siswa ( 6% ) motivasi belajarnya yang tergolong rendah, 20 siswa ( 67 % ) motivasi belajarnya yang tergolong tinggi dan 8 siswa ( 27 % ) motivasi belajarnya yang tergolong sanaga tinggi. Terdapat peningkatan motivasi belajar siswa dari kondisi awal ke siklus I, dan siklus I ke siklus II dan data diperoleh dari obsevasi untuk siswa. Dan dari siklus I ke siklus II pada tabel 2 dan tabel 3 tentang hasil observasi belajar siswa terdapat peningkatan motivasi belajar siswa, dimana jumlah siswa yang mengalami perubahan yaitu 23 orang dari 30 siswa ( 76,6 % ).Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered head Together dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran PKn khususnya pada materi globalisasi. Oleh karena itu disarankan agar guru mempersiapkan alat dan bahan serta menerapakan Numbered Head Together pada pelajaran PKn agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi globalisasi pada masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBukit, Herawati195710281985031002
Call Number: 372.2 Mel p
Keywords: Motivasi Belajar; PKn; Pembelajaran Numbered Head Together
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7112

Actions (login required)

View Item View Item