MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN TEORI S. BRUNER DI KELAS V SD NEGERI 108239 TANJUNG MULIA T.A 2011/2012

Situmorang, Ribka Tabita (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN TEORI S. BRUNER DI KELAS V SD NEGERI 108239 TANJUNG MULIA T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1104311058 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311058 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311058 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311058 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311058 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311058 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311058 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311058 BAB I.pdf - Published Version

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311058 BAB V.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311058 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311058 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (77kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah menggunakan teori S.Bruner pada mata pelajaran matematika materi pokok penjumlahan dan pengurangan pecahan di Kelas V SD Negeri 108239 Tanjung Mulia TA 2011/2012?Penelitian menggunakan desain PTK dengan tindakan menggunakan pendekatan partisipatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Untuk mengetahui perubahan hasil belajar siswa dengan menggunakan test hasil belajar sedangkan untuk mengetahui aktivitas mengajar guru digunakan observasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan persentase dan analisis kualitatif. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus. Langkah-langkah setiap pembelajaran terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan mengumpulkan nilai pretes, Siklus I, Siklus II. Sebagai tolak ukur keberhasilannya adalah apabila hasil belajar siswa meningkat, yaitu tingkat ketuntasan klasikal sebesar > 65.Berdasarkan hasil penelitian dari dari 30 orang siswa pada saat pretest tingkat ketuntasan klasikal siswa kelas V sebanyak 7 orang siswa 23,3% sedangakan sebanyak 23 orang siswa belum mendapat nilai tuntas. dengan nilai rata-rata 56,7. Pada siklus I sebanyak 21 orang siswa (70%) mendapat nilai tuntas dan sebanyak 9 orang siswa (30%) belum mendapat nilai tuntas. sebanyak 3 orang siswa (10%), dengan rata-rata 72,0. Pada siklus II sebanyak 28 orang siswa (93,3%) yang mendapat nilai tuntas sedangkan sebanyak 2 orang siswa (6,7%) belum mendapat nilai tuntas. dengan nilai rata-rata 83,3. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan teori S.Bruner dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pokok penjumlahan dan poengurangan pecahan di kelas V SD 108239 Tanjung Mulia T.A 2011/2012. Oleh karenanya salah satu teori belajar S.Bruner dapat digunakan guru dalam meningkatkan hasil balajar siswa pada mata pelajaran matematika khsususnya materi pokok penjumlahan dan pengurangan pecahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanihuruk, Akden195612311988031008
Call Number: 372.2 Sit m
Keywords: Hasil Belajar; Matematika; Teori S. Bruner
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7108

Actions (login required)

View Item View Item