MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SDN. 104204 SAMBIREJO TIMUR T.A 2011/2012

Nurwahyuni, (2012) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SDN. 104204 SAMBIREJO TIMUR T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313254 COVER.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313254 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (819kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313254 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313254 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313254 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313254 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313254 BAB I.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313254 BAB V.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313254 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo Timur T.A 2011/2012?”Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas V SD Negeri 104204 Sambirejo Timur T. A 2011/2012, yang berjumlah 42 orang siswa. Penentuan subjek berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti terhadap siswa kelas V.Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dua siklus, dimana setiap siklus dilakukan 2x pertemuan yang masing-masing pertemuan 45 menit. Jadi dalam 2 siklus ada 4x pertemuan dan 180 menit. Dalam setiap siklus dilakukan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Instrument yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu berdasarkan hasil tes yang diberikan pada setiap siklus.Hasil penelitian menunjukkan pada hasil observasi tes awal kemempuan menulis siswa rendah sekitar 33,3%. Pada siklus I kemampuan menulis siswa sedang sekitar 54,76%. Pada siklus II kemampuan menulis siswa siswa sangat baik sekitar 92,85%.Hasil penelitian yang diperoleh dari 42 orang subjek penelitian setelah dilakukannya tindakan pada setiap siklus terjadi peningkatan kempuan menulis karangan pada siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kempuan menulis karangan narasi pada pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangan narasi di kelas V SDN 104204 Sambirejo Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorBukit, Herawati195408181979032001
Call Number: 372.2 Nur m
Keywords: Menulis Karangan Narasi; Bahasa Indonesia; Pendekatan Kontekstual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7106

Actions (login required)

View Item View Item