MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF (SPK) DI KELAS V SD SWASTA NURUL QOMAR PERCUT T.A 2011/2012

Ritonga, Maidestina (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF (SPK) DI KELAS V SD SWASTA NURUL QOMAR PERCUT T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1104311036 COVER.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311036 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311036 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311036 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311036 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311036 BAB 1.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311036 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar siswadalam mata pelajaran IPA pokok bahasan gaya magnet di kelas V SD SwastaNurul Qomar Percut Tahun Aajaran 2011/2012. Secara umum siswa kurang aktifbelajar sehingga sulit memahami materi pelajaran yang diberikan guru, karenastrategi pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat konvensional ( dominanmenggunakan metode ceramah ).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar siswapada pelajaran IPA pokok bahasan gaya magnet dengan menggunakan strategipembelajaran kooperatif di kelas V SD Swasta Nurul Qomar Percut T.A2011/2012. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Swasta NurulQomar Percut T.A 2011/2012 yang berjumlah 30 orang. Jenis penelitian yangdigunakan adalah penelitian tindakan kelas. Adapun teknik analisa data dalampenelitian ini adalah deskripsi kualitatif dengan menguraikan persentase yangdigunakan. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes.Setelah membahas permasalahan yang diteliti, disimpulkan bahawa hasilbelajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan gaya magnet sebelummenggunakan strategi pembelajaran kooperatif di kelas V SD Swasta NurulQomar Percut adalah hasil tes awal siswa masih memiliki tingkat ketuntasanbelajar dibawah 85% yaitu 0 orang siswa (100%) yang belum tuntas, yangmemiliki tingkat ketuntasan belajar diatas 85% dan dengan rata-rata kelas 37,sehingga baik secara individu maupun klasikal kemampuan awal siswa masihtergolong belum tuntas dalam belajar. Pada siklus I terdapat 16 orang siswa (53%)yang belum tuntas yang memiliki tingkat ketuntasan belajar dibawah 85% dansebanyak 14 orang (47%) yang telah tuntas dalam belajar dengan rata-rata kelas60,93. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kemampuan siswa dalammemahami materi gaya magnet berdasarkan tingkat keberhasilan secara klasikalmasih tergolong belum berhasil. Pada siklus II sebanyak 27 orang siswa (90%)yang telah tuntas dalam belajar dan terdapat 4 orang siswa (13%) yang belumtuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata kelas 86,00. Dengan demikian dapatdiketahui bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi pokok gaya magnettelah mencapai ketuntasan dalam belajar.Sehubungan dengan itu disarankan kepada guru khususnya guru matapelajarn IPA khususnya yang mengajar di kelas V SD Swasta Nurul Qomar Percutuntuk menggunakan strategi pembelajaran kooperatif , sebab pembelajarankooperatif membuat siswa semakin termotivasi belajar ini baik secara kelompok maupun mandiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRitonga, Mastiana195409291978032001
Call Number: 372.2 Rit m
Keywords: Hasil Belajar Siswa; IPA; Pembelajaran Kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7104

Actions (login required)

View Item View Item