MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA PEMBELAJARAN SAINS DI KELAS V SD NEGERI 101820 PANCUR BATU TA 2011/2012

Hasibuan, Diana Rosa (2012) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA PEMBELAJARAN SAINS DI KELAS V SD NEGERI 101820 PANCUR BATU TA 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1104311008 COVER.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311008 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311008 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311008 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311008 DAFTAR LAMIPRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311008 BAB I.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311008 BAB V.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1104311008 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD.N.NO 101820 Pancur Batu pada pelajaran Sains.Masalah dalam penelitian ini yang ditemukan adalah rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Sains pokok bahasan sifat-sifat cahaya dalam karya sederhana, subjek penelitianyaitu siswa kelas V SD.N.NO 101820 Pancur Batu yang berjumlah 30 orang siswa, terdiri dari 9 orang laki-laki, dan 21 orang perempuan. Objek dalam penelitian ini merupakan upaya guru dalam penggunaan strategi pembelajaran ekspositori untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Sains. Adapun alat pengumpulan data pada saat penelitian ini dilakukan yaitu berupa lembar angket dan lembar observasi dan penelitian dilaksanakan dua siklus.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian motivasi belajar dapat dilihat dari peningkatan pada 6 indikator yaitu : ( 1 ). Tekun menghadapi tugas, sebelum tindakan terdapat10 orang siswa ( 33,33 % ) dari siklus I menjadi 18 orang ( 60 % ) dan siklus II menjadi 23 orang ( 76,67 % ) : ( 2). Ulet menghadapi tugas sebelum tindakan hanya 10 orang siswa ( 33,33 % ), setelah siklus I menjadi 15 orang ( 50 % ) dan siklus II menjadi 23 orang ( 76,67 % ) : ( 3 ). Menunjukkan minat yang tinggi sebelum tindakan hanya 16 orang siswa ( 53,33 % ), setelah siklus I menjadi 20 orang siswa ( 66,66 % ) dan siklus II menjadi 25 orang ( 83,33 % ) : ( 4 ). Belajar secara mandiri sebelum tindakan hanya 10 orang ( 33,33 % ), setelah siklus I menjadi 16 orang siswa ( 53,33 % ) dan siklus II menjadi 23 orang ( 76,67 % ) : ( 5 ). Dapat mempertahankan pendapat yang teguh sebelum tindakan hanya 18 orang ( 60 % ), setelah siklus I menjadi 23 orang siswa ( 76,67 % ) dan siklus II menjadi 25 orang ( 83,33 % ) : ( 6 ). Bekerjasama dalam mencari dan memecahkan masalah sebelum tindakan hanya 19 orang ( 63,33 % ), setelah siklus I menjadi 21 orang ( 70 % ) dan siklus II menjadi 23 orang ( 76,67 % ).Dengan demikian, penggunaan strategi ekspositori terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Sains kelas V SD.N.NO 101820 Pancur Batu. Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan dapat para guru dapat memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya dan menciptakan suasana belajar yang menarik agar dapat menarik perhatian siswa untuk lebih aktif dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAnwar, Khairul195807091985011001
Call Number: 372.2 Has m
Keywords: Motivasi Belajar; Pembelajaran Ekspositori; Sains
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7074

Actions (login required)

View Item View Item