UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPTIF DENGAN TEKNIK MENULIS TERTUNTUN (TMT) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 025 HURABA, T.A. 2011 / 2012

Hasibuan, Anni Efrida (2012) UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPTIF DENGAN TEKNIK MENULIS TERTUNTUN (TMT) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 025 HURABA, T.A. 2011 / 2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313027 COVER.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313027 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313027 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313027 BAB I.pdf - Published Version

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313027 BAB V.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 025 Huraba, TA. 2011/2012 pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraph deskristif dengan Teknik Menulis Tertuntun (TMT) pada siswa kelas IV SD Negeri 025 Huraba TA. 2011/2012. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 025 Huraba yang berjumlah 30 orang siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus 1 dan siklus 2. Siklus1 dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan, dan siklus 2 dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Jadi jumlah seluruh pertemuan sebanyak 4 kali. Pada tes awal, nilai paling tinggi = 66 dan nilai paling rendah = 31. Nilai rata-rata adalah 53. 4 siswa (13,33%) memperoleh nilai ≥ 65 (sudah tuntas belajar) dan 26 siswa (86,67%) memperoleh nilai ≤ 65 (belum tuntas belajar). Pada postes siklus 1, nilai paling tinggi = 76, nilai paling rendah = 55, dan nilai rata=rata = 65,36. 13 siswa (43,33%) memperoleh nilai ≥ 65 (sudah tuntas belajar), 17 siswa (56,67%) memperoleh nilai ≤ 65 (belum tuntas belajar). Pada postes siklus 2, nilai tertinggi = 94, nilai terendah = 55, nilai rata-rata = 70,93. 27 siswa (90%) memperoleh nilai ≥ 65 (sudah tuntas belajar), 3 siswa (10%) memperoleh nilai ≤ 65 (belum tuntas belajar). Dengan demikian dapatlah disimpulkan bahwa penggunaan Teknik Menulis Tertuntun (TMT) dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraph deskriptif dengan signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNainggolan, Elizon196104061987031002
Call Number: 372.2 Has u
Keywords: Guru; Kemampuan Menulis; Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7073

Actions (login required)

View Item View Item