UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV SDN 104208 CINTA RAKYAT T.A 2011/2012.

Ritonga, Nurjannah (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATA PELAJARAN SAINS DI KELAS IV SDN 104208 CINTA RAKYAT T.A 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313247 COVER.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313247 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313247 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313247 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313247 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313247 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313247 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313247 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313247 BAB I.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313247 BAB V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313247 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penulisan skripsi ini dilaksanakan karena adanya latar belakang yang mempengaruhinya. Adapun latar belakang tersebut adalah rendahnya hasil belajar SAINS siswa, hal ini dikarenakan guru hanya menggunakan metode yang tidak bervariasi atau monoton, Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran SAINS pokok bahasan sumber daya alam dan di kelas IV SDN 104208 Cinta Rakyat T.A 2011/2012.Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 104208 Cinta Rakyat yang berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Dan alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar.Berdasarkan pre-tes yang dilakukan terhadap 30 siswa terdapat 23 orang (92%) siswa yang mendapatkan hasil belajar rendah (belum tuntas) dan sebanyak 7 orang siswa (28%) yang termasuk dalam kategori tuntas. Kemudian pada saat siklus I terdapat 18 orang (60%) siswa yang termasuk kategori belum tuntas dan yang termasuk kategori tuntas adalah sebanyak 12 orang (40%). Selanjutnya pada saat siklus II siswa yang mendapatkan hasil belajar rendah adalah sebanyak 6 orang siswa (20%) dan yang termasuk kategori tuntas sebanyak 24 orang siswa (80%).Berdasarkan hasil penelitian mulai dari pre-tes, postes siklus I dan postes siklus II sudah terjadi peningkatan yang signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pokok bahasan sumber daya alam pada mata pelajaran SAINS di SDN 104208 Cinta Rakyat T.A 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSimanjuntak, Sorta195906101985032001
Call Number: 372.2 Rit u
Keywords: TGT; sains; hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7061

Actions (login required)

View Item View Item