MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN INTERAKSI EDUKATIF DI KELAS V SD NEGERI 101846 KUTALIMBARU T.A 2012/2013.

Tarigan, Sari Ramadhany (2012) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN INTERAKSI EDUKATIF DI KELAS V SD NEGERI 101846 KUTALIMBARU T.A 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313316 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313316 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313316 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313316 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313316 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313316 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313316 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313316 BAB I.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313316 BAB V.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313316 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101846 Kutalimbaru yang berlokasi di jalan besar Kutalimbaru, Kecamatan Kutalimbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan interaksi edukatif di kelas V SD Negeri 101846 Kutalimbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD 101846 dengan jumlah siswa 30 orang tahun ajaran 2012/2013.Penelitian ini menggunakan Interaksi Edukatif untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada materi memperhatikan persoalan dalam kehidupan sehari- hari. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa observasi keterampilan berbicara siswa pada saat siklus I pertemuan I dengan rata-rata 66% jumlah siswa yang aktif pada setiap indikator menunjukkan bahwa keterampilan berbicara siswa masih sangat rendah Pada siklus I pertemuan II skor keterampilan berbicara siswa dengan rata-rata 69% juga dalam kategori rendah tapi sudah mengalami peningkatan Sedangkan pada siklus II pertemuan I secara keseluruhan 93% dan pada siklus II pertemuan II secara keseluruhan mencapai 97% . Maka dapat dikatakan bahwa pada siklus II keterampilan berbicara siswa mengalami peningkatan dibandingkan kodisi pada siklus I.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Interaksi Edukatif dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia materi pokok memperhatikan persoalan dalam kehidupan sehari-hari di SD Negeri 101846 kec. Kutalimbaru T.A 2012/2013. Hal ini berarti bahwa Interaksi Edukatif dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDewi, Rosmala195909021985032002
Call Number: 372.2 Tar m
Keywords: Keterampilan;Bahasa Indonesia; Interaksi Edukatif
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7042

Actions (login required)

View Item View Item