MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 101775 SAMPALI T.A.2011/2012

Zahara, Fatimah (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 101775 SAMPALI T.A.2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
108313101 COVER.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313101 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313101 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313101 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313101 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313101 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313101 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313101 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313101 BAB I.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313101 BAB V.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313101 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
108313101 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan Model Pembelajaran GI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa dengan menggunakan model pembelajaran GI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sumber Daya Alam dan Lingkungan di kelas IV SD Negeri 101775 Sampali Tahun Ajaran 2011/2012.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sumber Daya Alam dan Lingkungan pada mata pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri N0.101775 Sampali T.A 2011/2012. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 21 siswa yang berasal dari kelas IV pada tahun ajaran 2011/2012, untuk memperoleh data dalam penelitian ini penulis melakukan penelitian pengumpulan data dengan cara memberi test.Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, Siklus I dan Siklus II masing-masing memiliki dua pertemuan. Pada setiap pertemuan peneliti melakukan test hasil belajar terhadap siswa, untuk mengetahui tingkat ketuntasan belajar siswa.Dari hasil analisis data diperoleh 2 siswa (9,52% ) yang mencapai syarat ketuntasan belajar dan 19 siswa (90,47% ) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dari pretest diperoleh nilai rata-rata 39,04. Dari hasil analisis data pada siklus I diperoleh 6 siswa (28,57%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 15 siswa (71,42%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 54,3. Dari hasil tes pada siklus II diperoleh 19 siswa (90,47%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, dan 2 siswa (9,52%) belum mencapai syarat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 77,14.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran GI dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 101775 Sampali. Dengan demikian dapat dismpulkan bahwa model pembelajaran GI dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sumber Daya Alam dan Lingkungan T.A. 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorRahmulyani, 196105111986012001
Call Number: 372.2 Zah m
Keywords: Hasil Belajar Siswa; Pembelajaran Group Investigation; IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Muhammad Iqbal
Date Deposited: 19 Jul 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/7040

Actions (login required)

View Item View Item