PENGEMBANGAN MODUL SULAM PITA BERBASIS KOMPETENSI PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KERAJINAN DI SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN

Sunani, (2016) PENGEMBANGAN MODUL SULAM PITA BERBASIS KOMPETENSI PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KERAJINAN DI SMP NEGERI 5 PERCUT SEI TUAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. JUDUL.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. ABSTRAK1.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. DAFTAR BAGAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB V.pdf - Published Version

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : Mengembangkan modul sulam pita berbasis kompetensi pada mata pelajaran keterampilan kerajinan di SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan sebagai media pembelajaran keterampilan kerajinan di kelas VIII SMP Negeri 5 Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dan menggunakan tahap pengembangan Borg and Gall. Pengembangan modul sulam pita berbasis kompetensi dengan 7 langkah sebagai berikut : (1) Analisis kebutuhan, (2) Mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) Uji coba perorangan , (5) Uji coba kelompok kecil, (6) Uji lapangan , (7) Produk akhir. Validasi ahli terdiri dari 2 ahli materi pelajaran Keterampilan Kerajinan, 2 ahli media pembelajaran dan 2 ahli desain pembelajaran. Uji coba perorangan terdiri dari 3 orang siswa, uji coba kelompok kecil terdiri dari 9 orang siswa dan uji lapangan terdiri dari 35 orang siswa. Cara pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling pada uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil dan teknik cluster random sampling pada uji lapangan. Sebelum uji coba terlebih dulu dilakukan validasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli desain untuk mengetahui kelayakan modul. Hasil penelitian menunjukkan; (1) Validasi ahli materi pelajaran Keterampilan Kerajinan dalam kriteria sangat baik (80,15%), (2) Validasi ahli media dalam kriteria sangat baik (95,14%), (3) Validasi ahli desain dalam kriteria sangat baik (96,13%), (4) Uji coba perorangan dalam kriteria sangat baik (88,61%), (5) Uji coba kelompok kecil dalam kriteria sangat baik (94,44%), (6) uji lapangan dalam kriteria sangat baik (95,56%). Dengan demikian, pengembangan media pembelajaran sulam pita layak digunakan dalam pembelajaran keterampilan kerajinan siswa kelas VIII SMP.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSibuea, Abdul Muin195810081981031002
Thesis advisorAmpera, Dina196503051989032001
Call Number: 372.5 Sun p
Keywords: Hakikat pembelajaran; Keterampilan kerajinan; Sulam pita; Hakekat modul; Hasil uji coba
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Jul 2016 07:46
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6882

Actions (login required)

View Item View Item