MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN 101776 SAMPALI T. A 2015/ 2016

Barus, Rany Elisa (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN 101776 SAMPALI T. A 2015/ 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.NIM.1123111075 COVER.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.NIM.1123111075 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.NIM.1123111075 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.NIM.1123111075 PREFACE.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.NIM.1123111075 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.NIM.1123111075 TABLES.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.NIM.1123111075 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.NIM.1123111075 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.NIM.1123111075 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.NIM. 1123111075 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM.1123111075 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview

Abstract

Masalah yang ditemukan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Siswa kurang memahami materi pembelajaran yang dipelajari, karena siswa kurang memperhatikan pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran index card match pada mata pelajaran IPA dengan materi pokok Sumber Daya Alam. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 101776 Sampali di kelas IVB pada semester genap T. A 2015/ 2016 dengan 27 siswa. Terdiri dari 14 siswa laki- laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi dan tes berupa soal pilihan berganda. Lembar observasi yang digunakan adalah lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Penelitian ini terdiri dari tahap awal dan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Masing- masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan pada tahap awal diperoleh nilai rata- rata siswa sebesar 52,77 dan ketuntasan klasikal 18, 52%. Pada tahap awal ini siswa yang tuntas sebanyak 5 siswa dan yang belum tuntas 22 siswa. Selanjutnya pada siklus I, diperoleh nilai rata- rata siswa sebesar 69,07 dan ketuntasan klasikal 66, 66%. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas adalah sebanyak 18 siswa dan 9 siswa dinyatakan belum tuntas. Pada siklus II nilai rata- rata siswa sebesar 81,11 dan ketuntasan klasikal sebesar 88, 88%. Pada siklus II siswa yang tuntas adalah sebanyak 24 siswa dan 3 siswa dinyatakan belum tuntas Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan dengan menggunakan model pembelajaran index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN 101776 Sampali T. A 2015/ 2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorTamba, Robenhart19611125987031003
Call Number: SK-2016 PGSD 058
Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran;IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 22 Jul 2016 03:03
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6736

Actions (login required)

View Item View Item