MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DI KELAS V SD NEGERI 106163 BANDAR KLIPPA T.A 2015/2016

Napitupulu, Peronika (2016) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DI KELAS V SD NEGERI 106163 BANDAR KLIPPA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1123311050 COVER.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1123311050 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1123311050 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1123311050 PREFACE.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1123311050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1123311050 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1123311050 TABLES.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1123311050 GRAFICS.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1123311050 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 1123311050 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1123311050 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 1123311050 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPS materi Peristiwa Menjelang Kemerdekaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar pada pelajaran IPS materi Peristiwa Menjelang Kemerdekaan dengan menggunakan model Pembelajaran Teams Assited Individualization (TAI) Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan,tindakan,observasi,dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VC SD Negeri 106163 Bandar Klippa yang berjumlah 23 orang sedangkan objek penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI. Teknik pengumpulan data adalah observasi terhadap aktivitas belajarsiswa dan observasi kegiatan mengajar guru. Berdasarkan analisis data yang diperoleh pada siklus I dan siklus II didapati bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan I tidak ada satupun siswa yang dikatakan aktif (0%). Pada siklus I pertemuan II siswa yang aktif meningkat yaitu 3 siswa dengan persentase 13,04% sedangkan siswa yang tidak aktif ada 20 siswa dengan persentase 86,96%. Pada siklus II pertemuan I siswa yang aktif adalah 7 siswa dengan persentase 30,43% sedangkan siswa yang tidak aktif ada 16 siswa dengan persentase 69,57% . Kemudian meningkat pada siklus II pertemuan II dengan siswa yang aktif adalah 18 siswa dengan persentase 78,26% dan siswa yang tidak aktif ada 5 siswa dengan persentase 21,74%. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dapat meningkatkan aktivitas belajar IPS pada materi Peristiwa Menjelang Kemerdekaan siswa kelas V SD Negeri 106163 Bandar Klippa T.A 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanihuruk, Akden195612311988031008
Call Number: SK-2016 PGSD 019
Keywords: Belajar;TAI;IPS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Jul 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6706

Actions (login required)

View Item View Item