PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL RECIPROCAL TEACHING SISWA KELAS V SDN 101799 DELI TUA T.A 2015/2016

Lumbantoruan, Cenny Uli (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DENGAN MODEL RECIPROCAL TEACHING SISWA KELAS V SDN 101799 DELI TUA T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 1123111015 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 1123111015 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 1123111015 LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM 1123111015 LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 1123111015 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 1123111015 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 1123111015 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM 1123111015 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 1123111015 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM 1123111015 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 1123111015 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM 1123111015 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 1123111015 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM 1123111015 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 1123111015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 1123111015 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 1123111015 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 1123111015 BAB I.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 1123111015 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 1123111015 BAB V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 1123111015 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM 1123111015 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Berita dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching di kelas V SD Negeri 101799 Deli Tua T.A 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan tindakan model pembelajaran Reciprocal Teaching. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 101799 Deli Tua Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 1 kelas yaitu 31 orang siswa yang terdiri dari 15 orang siswa perempuan dan 16 orang siswa laki-laki. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Jadi, dalam 2 siklus ada 4 kali pertemuan. Dalam setiap siklus dilakukan 4 tahap yaitu Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu hasil tes dan lembar observasi.
Berdasarkan temuan hasil Pre Test (test awal) yang berjumlah 31 siswa, siswa masih memiliki tingkat ketuntasan di bawah 70 (<70), siswa yang tuntas hasil belajarnya yaitu dengan nilai rata-rata 48,55, sehingga baik secara individu maupun secara klasikal kemampuan awal (Pre Test) siswa masih tergolong belum tuntas. Dari perolehan hasil pretest tersebut, peneliti menindak lanjuti dan melanjutkan ke Post Test siklus I. Pada siklus I nilai siswa mulai meningkat dengan nilai rata-rata 62,74. Maka dapat diketahui bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi berita berdasarkan tingkat keberhasilan secara klasikal masih tergolong belum berhasil. Peneliti melanjutkan ke Post Test siklus II, pada siklus II diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 87,10% yang berarti membuktikan bahwa hasil belajar secara klasikal pada siklus II telah mencapai ketuntasan karena telah mencapai 85,00% dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 75,64 dengan kategori baik.
Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok Berita di kelas V SD Negeri 101799 Deli Tua Tahun Ajaran 2015/2016.Oleh karena itu disarankan kepada Kepala Sekolah, dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia untuk menggunakan model Reciprocal Teaching dalam pembelajaran Bahasa Indonesia karena dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PGSD 173
Keywords: Hasil Belajar;Reciprocal Teaching; Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Jul 2016 08:08
Last Modified: 21 Jul 2016 08:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6703

Actions (login required)

View Item
View Item