MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 066054 MEDAN DENAI T.A 2015/2016

gaol, nia bintang lumban (2016) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 066054 MEDAN DENAI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.NIM 1123111061 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 1123111061 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (873kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 1123111061 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 1123111061 PREFACE.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 1123111061 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 1123111061 TABLE.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 1123111061 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 1123111061 DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 1123111061 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (4kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM 1123111061 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 1123111061 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 1123111061 BIBILIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran IPS yaitu pembelajaran yang diterapkan masih bersifat konvensional sehingga keaktifan siswa dalam belajar masih kurang. Kurangnya minat siswa dalam menerima pelajaran yang diberikan guru dan kurangnya penggunnaan media pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan apakah hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi pokok perkembangan teknologi dapat meningkat dengan menggunakan model pembelajaran word square di kelas IV SD Negeri 066054 Medan Denai. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang pada setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 066054 Medan Denai Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran word square. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dari perolehan rata-rata siswa pada tes awal hanya 50 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 4 orang dengan persentase 11%. Setelah dilaksanakan siklus I, diperoleh peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 66 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 57%. Pada siklus II diperoleh peningkatan nilai rata-rata siswa menjadi 88 dengan 35 orang siswa 100%. Dan perolehan hasil observasi siswa dalam mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 64 menjadi 79 pada siklus II. Demikian pula hasil observasi kemampuan guru mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 62 menjadi 75 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran word square dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi pokok perkembangan teknologi di kelas IV SD Negeri 066054 Medan Denai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorBukit, Herawaty195408181979032001
Call Number: SK- 2016 PGSD 102
Keywords: Word Square;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Jul 2016 07:34
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6696

Actions (login required)

View Item View Item