PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 101769 TEMBUNG TA 2015/2016

siregar, rizki kurniati (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 101769 TEMBUNG TA 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1121111010 COVER.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1121111010 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (869kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1121111010 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1121111010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1121111010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1121111010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1121111010 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1121111010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1121111010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. NIM. 1121111010 BAB I.pdf - Published Version

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1121111010 BAB V.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM. 1121111010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review) pada pelajaran Bahasa Indonesia materi pokok membaca sekilas siswa kelas V SD Negeri 101769 Tembung tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101769 Tembung T.A 2015/2016, dengan jumlah sampel 36 orang siswa dengan jumlah siswa laki-laki 15 orang dan perempuan 21 orang. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan setiap pertemuan dilakukan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan. pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa dan lembar observasi untuk mengukur kegiatan guru dan siswa selama pembelajaran. Dari hasil tindakan yang dilakukan peneliti untuk memperoleh data awal melalui pemberian pretest, diperoleh nilai rata-rata kelas siswa sebesar 58. 5 siswa (13,88 %) tingkat penguasaaan siswa terhadap materi tuntas, sementara itu 31 siswa (86,12 %) tingkat penguasaan siswa terhadap materi tidak tuntas. Pada siklus I peneliti memperoleh data pertemuan I sebanyak 12 orang (33,33 %) tingkat penguasaaan siswa terhadap materi tuntas, sementara itu 24 orang (66,67 %) tingkat penguasaan siswa terhadap materi tidak tuntas. Sementara itu hasil belajar siswa di pertemuan II diperoleh hasil 18 orang (50 %) tingkat penguasaaan siswa terhadap materi tuntas, sementara itu 18 orang (50 %) tingkat penguasaan siswa terhadap materi tidak tuntas. Di siklus II, diperoleh hasil pada pertemuan I sebanyak 21 orang (58,33 %) tingkat penguasaaan siswa terhadap materi tuntas, sementara itu tinggal 15 orang (41,67 %) tingkat penguasaan siswa terhadap materi tidak tuntas. Sementara itu hasil belajar siswa di pertemuan II diperoleh hasil yang sangat memuaskan dimana 31 orang (86,12 %) tingkat penguasaaan siswa terhadap materi tuntas, sementara itu 5 siswa (13,88%) yang tingkat penguasaannya terhadap materi tidak tuntas. Dari hasil observasi guru pada siklus I diperoleh persentase keberhasilan sebesar 63%. Selanjutnya hasil observasi guru pada siklus II diperoleh persentase keberhasilan sebesar 92,5 %. Hasil observasi siswa pada siklus I diperoleh persentase keberhasilan sebesar 65 %. Selanjutnya hasil observasi siswa pada siklus II diperoleh persentase keberhasilan sebesar 92 %. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas V SD Negeri 101769 Tembung tahun ajaran 2015/2016 dapat disimpulkan bahwa dengan strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite and Review (PQ4R) terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi membaca sekilas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSimanungkalit, Erlinda195907181985032003
Call Number: SK- 2016 PGSD 076
Keywords: Oembelajaran Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review ( PQ4R) ;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Jul 2016 07:02
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6694

Actions (login required)

View Item View Item