MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS IV SD SWASTA RAJA GARUDA MAS BESITANG TAHUN AJARAN 2015/2016

adrina, - (2016) MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL PADA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS IV SD SWASTA RAJA GARUDA MAS BESITANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
01. NIM 1122111026 COVER.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. NIM 1122111026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. NIM 1122111026 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. NIM 1122111026 PREFACE.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. NIM 1122111026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. NIM 1122111026 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. NIM 1122111026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. NIM 1122111026 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. NIM 1122111026 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 1122111026 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 1122111026 BIBLIOGRAFY.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan sosial siswa pada pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa pada pelajaran IPS materi pokok Permasalahan Sosial Di Daerah di kelas IV SD Swasta Raja Garuda Mas Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Swasta Raja Garuda Mas Besitang yang berjumlah 33 orang siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Pelaksanaan PTK dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Observasi dilakukan terhadap keterampilan sosial siswa dan aktivitas mengajar guru sebanyak empat kali, yaitu setiap pertemuan dalam siklus I dan II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan sosial siswa pada siklus I pertemuan I yaitu 62.93 dan meningkat pada pertemuan II menjadi 69.95. Pada siklus II pertemuan I diperoleh 78.35 dan meningkat menjadi 81.67 pada siklus II pertemuan II. Tingkat keterampilan sosial siswa secara klasikal pada siklus I pertemuan I diperoleh 27.3% dan pada pertemuan II meningkat menjadi 45.5%. Selanjutnya pada siklus II pertemuan I, tingkat keterampilan sosial siswa secara klasikal meningkat menjadi 72.7% dan pada pertemuan II kembali meningkat menjadi 84.8%. Hasil observasi terhadap guru pada siklus I pertemuan I sebesar 66.67 dan mengalami peningkatan pada pertemuan II yaitu menjadi 72.92. Pada siklus II pertemuan I, hasil observasi terhadap guru meningkat menjadi 81.25 dan pada pertemuan II kembali meningkat menjadi 85.42. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan keterampilan sosial IPS siswa di kelas IV SD Swasta Raja Garuda Mas Besitang Tahun Ajaran 2015/2016. Guru disarankan dapat menerapkan model Problem Based Learning dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSilalahi, Wesly195710281985031002
Call Number: SK- 2016 PGSD 130
Keywords: Keterampilan Sosial ; Problem Based Learning
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Jul 2016 06:31
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6691

Actions (login required)

View Item View Item