PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 102099 TEBING TINGGI T.A 2015/2016

fatimah, siti (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 102099 TEBING TINGGI T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 1122111021 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 1122111021 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 1122111021 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 1122111021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (431kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 1122111021 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 1122111021 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 1122111021 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 1122111021 PREFACE.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 1122111021 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 1122111021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 1122111021 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 1122111021 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 1122111021 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 1122111021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 1122111021 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 1122111021 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 1122111021 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 1122111021 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 1122111021 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 1122111021 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 1122111021 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 1122111021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview

Abstract

Masalahdalampenelitianiniadalahapakahdenganmenggunakan model pembelajaranthinkpair and share(TPS) akandapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswapadamatapelajaran IPA kelas V SDN 102099 TebingTinggitahunajaran 2015/2016.Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmeningkatkanaktivitasbelajarsiswadenganmenggunakan model pembelajaranthink pair and share(TPS) padamatapelajaran IPA kelas V SDN 102099 TebingTinggitahunajaran 2015/2016.
Pendekatan yang digunakandalampenelitianiniadalahpendekatankualitatif.Jenispenelitianiniadalah ”PenelitianTindakanKelas”. Penelitianiniterdiridari 2 siklusyaitusiklus I dan siklus II masing-masingterdiridari 2 kali pertemuan.Prosedurpenelitiansiklus I dansiklus II yaitu: perencanaan, pelaksanaantindakan, pengamatan/observasi, danrefleksi. Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas V SDN 102099 TebingTinggi yang berjumlah 30 orang siswa yang terdiridari 11 orang laki-lakidan 19 orang perempuan, sedangkanobjekdalampenelitianiniadalahpenggunaan modelpembelajaranthink pair and shareuntukmeningkatkanaktivitasbelajar IPA. Alat yang dikumpulkandalampengumpulan data adalahlembarobservasi.Adapun yang dianalisisdalamlembarobservasiadalahaktivitaspembelajaransiswadan guru selama proses pembelajaranberlangsung.
Berdasarkanhasilpenelitianmenunjukkandarijumlahsiswa 30 orang di kelas V SDN 102099 TebingTinggibahwapadasiklus I pertemuan I nilai rata-rata kelasadalah 56,13danpadapertemuan II nilai rata-rata kelasadalah 66,2. Sedangkanpadasiklus II pertemuan I nilai rata-rata kelasadalah 71,30danpadapertemuan II nilai rata-rata kelasadalah 86,25. Jumlahsiswa yang aktifpadasetiapaspekaktivitasbelajarsiswajugamengalamipeningkatanpadasetiappertemuan.Siklus I pertemuan I jumlahsiswa yang aktifadalah 7 orang denganpersentase 23,33% danpadapertemuan II jumlahsiswa yang aktif 19 orang denganpersentase 63,33%, padasiklus II pertemuan I jumlahsiswa yang aktifadalah 23 orang denganpersentase 76,66% danpadapertemuan II jumlahsiswa yang aktifadalah 30 orang denganpersentase 100%.Observasi guru padasiklus I pertemuan I guru mendapatkanskor 33 denganpersentase 63,46% danpadapertemuan II guru mendapatskor 35 denganpersentase 67,31%. Padasiklus II pertemuan I guru mendapatkanskor 43 denganpersentase 82,69% danpadapertemuan II guru mendapatkanskor 48 denganpersentase 92,30% serta rata-ratanyaadalah 76,44%.
Berdasarkanhasilpenelitiantersebut, dapatdisimpulkanbahwadenganmenggunakan model pembelajaranthink pair and sharedapatmeningkatkanaktivitasbelajarsiswapadamatapelajaran IPA kelas V SDN 102099 TebingTinggi.Disarankankepadasiswauntukaktifdalampembelajaran, disarankan guru dapatmeningkatkanaktivitasbelajardenganmenggunakan model think pair and share, disarankankepalasekolahdapatmeningkatkankualitaspembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK- 2016 PGSD 131
Keywords: Think Pair and Share ;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Jul 2016 04:05
Last Modified: 21 Jul 2016 04:05
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6680

Actions (login required)

View Item
View Item