PENGARUH METODE SQ4R TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA TEKS CERITA RAKYAT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 106164 KECAMATAN PERCUT SEI TUAN T.P 2015/1016

Nuraisyah, Siti (2016) PENGARUH METODE SQ4R TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA TEKS CERITA RAKYAT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 106164 KECAMATAN PERCUT SEI TUAN T.P 2015/1016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 1123311074 COVER.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 1123311074 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 1123311074 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 1123311074 PREFACE.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 1123311074 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 1123311074 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 1123311074 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 1123311074 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 1123311074 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 1123311074 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 1123311074 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat keterampilan membaca teks cerita rakyat pada siswa kelas V SD Negeri 106164 Kecamatan Percut Sei Tuan T.P 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode SQ4R terhadap keterampilan membaca teks cerita rakyat pada siswa kelas V SD Negeri 106164 Kecamatan Percut Sei Tuan T.P 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 106164 Kecamatan Percut Sei Tuan yang beralamat di Jl. Pendidikan Pasar VII Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan Desa Sambirejo Timur. Tindakan yang pertama kali dilakukan dalam penelitian ini adalah menguji tingkat kevalidtan tes yang akan digunakan dalam penelitian. Uji validitas tes ini merupakan uji yang harus dilakukan oleh peneliti sebelum melakukan penelitian yang sebenarnya. Uji validitas tes ini bertujuan untuk mengetahui apakah tes yang akan digunakan dalam peelitian sudah valid atau belum. Selanjutnya peneliti melakukan uji reliabilitas tes, uji reliabilitas ini bertujuan untuk mengetahui apakah tes yang digunakan dalam penelitian ini sudah reliabel. Dalam uji reliabilitas tes yang dilakukan oleh peneliti terhadap tes yang akan digunakan dalam penelitian yang sebenarnya peneliti mendapatkan tingkat reliabel tes pertama sebesar 0,721, sedangkan pada tes kedua tingkat reliabel tes yaitu 0,848. Berdasarkan perolehan tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat uji reliabilitas keduanya dapat dikatakan tinggi. Selanjutnya peneliti melakukan uji daya beda, uji ini bertujuan untuk mengetahui siswa yang berkemampuan tinggi dengan siswa yang berkemampuan rendah, selanjutnya dilakukan uji indeks kesukaran tes. Uji ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kesukaran tes yang akan digunakan pada penelitian sebenarnya. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 106164 Kecamatan Percut Sei Tuan yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas Va sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 siswa sedangkan kelas Vb sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengambilan sempel yang digunakan adalah Purposive Sample. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur keterampilan membaca teks cerita rakyat siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 butir soal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorManalu, Effendi196005111986011002
Call Number: SK-2016 PGSD 149
Keywords: Metode SQ4R;Membaca; Cerita Rakyat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Jul 2016 03:29
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6671

Actions (login required)

View Item View Item