MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SD NEGERI 101767 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

purba, octavia ramayanti br (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SD NEGERI 101767 TEMBUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 01 NIM 1123111065 COVER.pdf]
Preview
Text
01 NIM 1123111065 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 02 NIM 1123111065 LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
02 NIM 1123111065 LEMBAR PENGESAHAN DAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (617kB) | Preview
[thumbnail of 03 NIM 1123111065 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
03 NIM 1123111065 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 04 NIM 1123111065 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
04 NIM 1123111065 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of 05 NIM 1123111065 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
05 NIM 1123111065 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 06 NIM 1123111065 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
06 NIM 1123111065 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 07 NIM 1123111065 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
07 NIM 1123111065 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 08 NIM 1123111065 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
08 NIM 1123111065 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 09 NIM 1123111065 BAB I.pdf]
Preview
Text
09 NIM 1123111065 BAB I.pdf - Published Version

Download (686kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM 1123111065 BAB V.pdf]
Preview
Text
13 NIM 1123111065 BAB V.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM 1123111065 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14 NIM 1123111065 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Proses pembelajaran PKn yang dilakukan guru cenderung masih bersifat teacher center dimana guru cenderung mendominasi proses pembelajaran dan kurang melibatkan siswa aktif dalam belajar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah dengan model pembelajaran Take And Give dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Lembaga-lembaga Negara kelas IV SD Negeri 101767 Tembung.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Take And Give. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 101767 Tembung yang berjumlah 24 orang siswa, yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 14 siswi perempuan. Ada pun alat pengumpulan data pada saat penelitian dilakukan yaitu menggunakan lembar observasi motivasi belajar siswa dan lembar observasi untuk guru, serta lembar angket motivasi belajar siswa yang dilaksanakan dua siklus.
Hasil data yang diperoleh berupa tabel pada lembar observasi motivasi belajar siswa diperoleh pada siklus I pertemuan I diperoleh data bahwa siswa yang memiliki motivasi kurang sebanyak 15 orang atau 62,5%, siswa yang memiliki motivasi cukup sebanyak 6 orang atau 25%, dan siswa yang memiliki otivasi baik sebanyak 3 orang atau 12,5%. Dan pada siklus I pertemuan II diperoleh data bahwa siswa yang memiliki motivasi kurang sebanyak 10 orang atau 41,66%, siswa yang memiliki motivasi cukup sebanyak 7 orang atau 29,17% , siswa yang memiliki motivasi baik sebanyak 6 orag atau 25% dan siswa yang memiliki motivasi sangat baik sebanyak 1 orang atau 4,17%. Hasil tersebut perlu dilakukan perbaikan pada siklus II diperoleh data pada siklus II pertemuan I diperoleh data bahwa siswa yang memiliki motivasi kurang sebanyak 3 orang atau 12,5%, siswa yang memiliki motivasi cukup sebanyak 8 orang atau 33,33%, siswa yang memiliki motivasi baik sebanyak 11 orang atau 45,84% dan siswa yang memiliki motivasi sangat baik sebanyak 2 orang atau 8,33%. Pada siklus II pertemuan II diperoleh data bahwa siswa yang memiliki motivasi cukup sebanyak 2 orang atau 8,33%, siswa yang memiliki motivasi baik sebanyak 4 orang atau 16,7% dan siswa yang memiliki motivasi sangat baik sebanyak 18 orang atau 75%.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Take And Give dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn materi Lembaga-lembaga Negara kelas IV SD Negeri 101767 Tembung tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK- 2016 PGSD 094
Keywords: Motivasi : Pembelajaran Take and Give ; PKn
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Jul 2016 03:13
Last Modified: 21 Jul 2016 03:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6666

Actions (login required)

View Item
View Item