MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STRAY TWO STAY PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 101775 KECAMATAN PERCUT SEI TUAN TA. 2015/2016

Setiawati, Nanda Ayu (2016) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STRAY TWO STAY PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 101775 KECAMATAN PERCUT SEI TUAN TA. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 1121111009_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1121111009_COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1121111009_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1121111009_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1121111009_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1121111009_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1121111009_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1121111009_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1121111009_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1121111009_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1121111009_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1121111009_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1121111009_DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1121111009_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 1121111009_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. NIM 1121111009_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1121111009_BAB I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1121111009_BAB I.pdf - Published Version

Download (381kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 1121111009 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 1121111009 BAB V.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 1121111009_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 1121111009_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi energi panas dan energi bunyi. Guru hanya menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajarannya membuat pembelajaran menjadi menonton sehingga siswa kurang termotivasi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Two Stray Two Stay dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi energi panas dan bunyi.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi, dengan jumlah subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulkan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar observasi motivasi belajar siswa, teknik analisis data dalam lembar observasi adalah motivasi belajar siswa dan lembar observasi pelaksaan pembelajaran.
Hasil teknik analisis bahwa pada siklus I pertemuan I diperoleh persentase rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal sebesar 20,00% atau sebanyak 5 orang dan tergolong katagori sangat kurang. pada siklus I pertemuan II diperoleh persentase rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal sebesar 40,00% atau sebanyak 10 orang dan tergolong katagori kurang. pada siklus II pertemuan I diperoleh persentase rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal sebesar 52,00% atau sebanyak 13 orang dan tergolong katagori sangat cukup. Pada siklus II pertemuan II diperoleh persentase rata-rata motivasi belajar siswa secara klasikal sebesar 92,00% atau sebanyak 23 orang dan tergolong katagori sangat Baik. Hasil Penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan motivasi belajar dengan menggunakan model pembelajaran Two Stray Two Stay pada mata pembelajaran IPA di kelas IV SDN 101775 Kec. Percut Sei Tuan T.A 2015/ 2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 PGSD 010
Keywords: Motivasi Belajar; Model Pembelajaran; Energi Panas
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Jul 2016 02:58
Last Modified: 21 Jul 2016 02:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/6661

Actions (login required)

View Item
View Item